Cek Fakta Sistem Pembayaran Paylater, Kenali Keuntungan dan Risikonya

Cek Fakta Sistem Pembayaran Paylater, Kenali Keuntungan dan Risikonya

Aplikasi paylater--

Melalui paylater, pembeli segera melakukan transaksi dengan pembayaran yang dilakukan terlebih dahulu oleh perusahaan aplikasi.

BACA JUGA:Mau Aktivasi Livin Paylater? Tapi Belum Dapat Notivikasi, Mungkin Ini yang Terjadi

Sementara, bagi pembeli, metode pembayaran ini tentunya memberikan keringanan pembayaran karena tak perlu menyedot saldo yang tersimpan di rekeningnya untuk membayar barang atau jasa yang dibeli.

Namun, perlu diingat, jangan melakukan pembelian tanpa mempertimbangkan secara matang. Sistem paylater bisa membuat konsumen terlena sehingga tak sadar tiba-tiba harus membayar cicilan dalam jumlah besar.

Mengapa paylater menarik minat konsumen? Mengutip The Guardian, sistem pembayaran paylater banyak “menggoda” milenial alias anak muda yang punya keterbatasan secara keuangan dan belum memiliki kartu kredit karena terhambat persyaratan.

Selain itu, sistem pay ater juga memikat mereka yang selama ini kesulitan memiliki kartu kredit karena pernah ditolak atau terkendala catatan keuangan di perbankan.

BACA JUGA:Simak, Tips Bijak Menggunakan Paylater, Beli Sekarang Bayar Nanti

Melalui paylater, transaksi mereka akan ditalangi lebih dulu tanpa jaminan. Konsumen bisa melakukan pembayaran atas kredit paylater sesuai termin yang ditentukan, misalnya 14 hari atai 30 hari.

Dalam rentang waktu itu, mereka menerima barang yang dibelinya, mencobanya, dan punya peluang melakukan refund jika barang itu tidak cocok.

Dengan demikian, konsumen diuntungkan karena hanya akan membayar barang yang benar-benar sesuai.

Untuk milenial yang kekurangan uang, hal ini menjadi opsi menarik jika mereka ingin melakukan pembelanjaan online.

BACA JUGA:Boleh dan Tidak Boleh Pengguna BCA Paylater yang Wajib Kamu Ketahui

Paylater kini juga hadir dalam bentuk paylater card.

Sejumlah bank melakukan kerjasama dengan agen perjalanan online untuk pengadaan kartu paylater yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi.

Transaksi itu di antaranya belanja, transaksi makan, pemesanan tiket pesawat dan hotel, hingga membayar premi asuransi.

Sumber: