Ketua Nasdem Yoppy Karim Diunggulkan di Pilkada Lubuk Linggau

Ketua Nasdem Yoppy Karim Diunggulkan di Pilkada Lubuk Linggau

Ketua Partai Nasdem Kota Lubuk Linggau Yoppy Karim secara statistik unggul signifikan dari calon-calon walikota Lubuk Linggau lainnya.-ist-

LINGGAU, RADARPALEMBANG.COM - Setelah beerapa lembaga survei kredibel merilis temuan surveinya, mengunggulkan bakal  calon walikota Lubuk Linggau H Rachmat Hidayat atau Yoppy Karim pada Pilkada Lubuk Linggau, kali ini  Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) juga menemukan hasil survei yang sama.

Menempatkan Ketua Partai Nasdem Kota Lubuk Linggau ini di posisi teratas dalam tataraan dukungan (elektabilitas). Keunggulan pria yang biasa disapa dengan nama Yoppy Karim secara statistik unggul signifikan dari calon-calon walikota Lubuk Linggau lainnya yang digadang-gadangkan akan maju pada 27 November 2024. 

Temuan survei terbaru, pada pertanyaan  terbuka ( tanpa menyebutkan nama calon walikota) elektabilitas Yoppy Karim (22,4%), Sulaiman Kohar (10,4%), Rodi Wijaya (10%), Rustam Effendi (5,1%), Yetty Oktarina (4%), Imam Senen (2,2 %), Hendri Juniansyah (1,5%), Hendri Almawijaya (0,4%), Suhada (0,2%).

"Riezky Aprilia (0,2%), Hasbi Asadikin (0,2%), Alfarizal (0,2%), dan massa yang belum menentukan pilihan (43,2%),"demikian diungkap Direktur eksekutif LKPI Arianto, Jumat 10 Mei 2024.

BACA JUGA:Pilkada Banyuasin, DPC Gerindra Banyuasin Dukung Penuh Pakde Slamet

Terlihat jelas, tarikan elektoral Yoppy Karim lebih kuat dari nama calon lainnya dan angka elektabilitasnya unggul signifikan secara statistik.

Ia menerangkan,  untuk uji simulasi pertanyaan semi terbuka sampai dengan simulasi pengerucutan nama-nama calon walikota, Yoppy Karim tetap konsisten berada di urutan teratas.Pada pertanyaan semi terbuka dengan mengajukan nama-nama calon dan responden boleh menjawab di luar nama calon  yang diajukan, Yoppy Karim (29,6%), Sulaiman Kohar (15,3%), Rodi Wijaya (11,6% ), Yetty Oktarina (10,9%).

Lalu Rustam Effendi (8,9%), Imam Senen (3,8%), Hendri Juniansyah (2,2%), Suhada (1,3%), dan nama calon walikota lainnya masih berada di bawah satu persen serta massa yang belum menentukan pilihan (13,6%).

Bahkan pada uji simulasi lima nama calon yang maju juga dilakukan, hasilnya Yoppy Karim (33,1%), Sulaiman Kohar (19,8%), Rodi Wijaya (14%), Rustam Efendi (12%), Imam Senen (4,9%) dan massa yang belum menentukan pilihan (16,2%). 

BACA JUGA:KPU Sumsel Resmi Gelar Peluncuran Pilgub Sumsel Periode 2024-2029, Pilkada Serentak Digelar 27 November 2024

Kuatnya tarikan elektoral Yoppy Karim salah satunya disebabkan, karena pemilih menilai pria yang ramah dan mudah ditemui ini dipersepsikan perhatian pada rakyat (merakyat). Angka persepsi sifat merakyat di masyarakat terhadap  Yoppy Karim  mengungguli calon walikota lainnya.

Faktor persepsi masyarakat bahwasannya Yoppy Karim sering terjun langsung mendengar keluhan dan mencari solusi permasalahan di masyarakat di atas 60% dan unggul dibandingkan calon lainya.

Sifat pemimpin yang memperhatikan rakyat merupakan keinginan masyarakat Lubuk Linggau dan di tempatkan di nomor satu, bukan pemimpin yang berpengalaman saja. Masyarakat Lubuk Linggau  sangat mendambakan pemimpin yang perhatian pada rakyat (merakyat).

"Dalam arti sering terjun menemui rakyat. Pemimpin yang berpengalaman tapi kalau tdk dekat dengan rakyat diabaikan masyarakat juga," terang mantan peneliti Lembaga Survei Indonesia ( LSI ) ini dengan lantang.

Sumber: