Puncak Mudik dan Balik 2024, Pertamina Patra Niaga Catat Konsumsi BBM Naik 26 Persen dan Avtur 35 Persen

Puncak Mudik dan Balik 2024, Pertamina Patra Niaga Catat Konsumsi BBM Naik 26 Persen dan Avtur 35 Persen

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel pastikan ditribusi energi pada puncak arus mudik dan balik lebaran 2024 berjalan dengan aman dan lancar.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel pastikan ditribusi energi  pada puncak arus mudik dan balik lebaran 2024 berjalan dengan aman dan lancar.

Jumlah pemudik pada tahun 2024 tercatat sangat besar, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memperkirakan jumlah masyarakat yang melakukan mudik mencapai 193,6 juta jiwa, meningkat 13,7 persen dari tahun sebelumnya. 

Hal ini turut dibuktikan dengan peningkatan konsumsi bahan bakar pemudik.

Pada puncak arus mudik di H-3 konsumsi BBM jenis Gasoline meningkat hingga 22 persen dibandingkan kondisi normal. 

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga 'Sulap' 14 SPBU di Sumsel Jadi Nyaman Bagi Mudik Lebaran 2024, Ini Daftarnya

"Pada arus balik Pertamina menyiapkan antisipasi yang sama," kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih, Rabu 17 April 2024.

Pertamina berhasil memenuhi kebutuhan BBM jenis Gasoline pada arus balik yang meningkat hingga 26 persen pada puncaknya.

"Seluruh pemudik Pertamina layani dengan maksimal dan setiap hari pun kami terus monitor agar stok dan distribusi di SPBU berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan BBM yang luar biasa sepanjang arus mudik dan balik ini," jelas Zibali.

Selain kebutuhan BBM, Pertamina juga telah mengantisipasi pengingkatan konsumsi LPG selama lebaran yang meningkat sekitar 3,2 persen dengan melakukan penyaluran dengan angka yang lebih tinggi daripada penyaluran normal harian. 

BACA JUGA:Konsumsi Meningkat Selama Nataru, Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Pastikan Penyaluran LPG di Sumsel Aman

Selama arus mudik, permintaan avtur juga di wilayah Sumbagsel meningkat sebesar 35,6 persen dari konsumsi normal.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbsgsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan Pertamina saat ini juga terus menyiagakan Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2024 hingga 21 April mengantisipasi masih adanya masyarakat yang melakukan perjalanan.

"Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel telah menyiapkan berbagai layanan bagi masyarakat di jalur mudik yang meliputi penyediaan layanan BBM dan LPG yang optimal mulai dari Fuel Terminal hingga lembaga penyalur,"kata dia. 

"Pertamina juga menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 87 SPBU Siaga, 5.540 Outlet Pangkalan LPG Siaga, 7 Unit Kiosk Pertamina Siaga," imbuh Nikho.

Sumber: