Jelang Lebaran Idul Fitri 2024, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Penipuan Online, Ini Modusnya

Jelang Lebaran Idul Fitri 2024, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Penipuan Online, Ini Modusnya

Bank BRI mengimbau para masyarkat agar tetap berhati-hati dengan modus penipuan online jelang hari raya--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Bank BRI mengimbau para masyarkat agar tetap berhati-hati dengan modus penipuan online jelang hari raya.

Adapun beberapa modus penipuan online yang marak terjadi seperti mengatasnamakan kurir paket atau parcel, naupun file ucapan selamat menunaikan hari raya idul fitri.

Selain itu para nasabah juga harus waspada terhadap pplikasi yang tidak resmi jika terinstal akan dapat memperdayai korban.

Akibatnya nasabah dengan sadar memberi persetujuan aplikasi tersebut untuk mengakses data dan perangkat secara sepenuhnya, anatar lain SMS, keyboard, file, bahkan kamera.

BACA JUGA:Danamon Luncurkan Kampanye Imbau Nasabah Siaga, Modus Penipuan Permintaan Kode OTP

Ini menjadi jalan bagi kejahatan perbankan karena data-data untuk mengakses bahkan transaksi bersifat pribadi dan rahasia dikuasai oleh penipu.

Direktur digital dan informasi BANK BRI Arga M.Nugraha menyampaikan agar nasabah tetap waspada terhadap modus online yang disebut social engineering ini dimana pelaku memanfaatkan manipulasi sosial dan kelemahan psikologis (keinggintahuan, ketergesahan, dan kelengahan)

“Akibatnya korban menjadi sasaran pelaku kejahatan, tanpa menyadari dirinya menjadi korban social engineering ,"ujar Arga.

Dalam memberikan perlindungan terhadap nasabah, BANK BRI menerapkan tiga komponen yakni dari sisi proses, teknologi, dan people. BRI senatiasa meningkatkan aplikasi agar lebih cursee. 

BACA JUGA:Resmi Beroprasi Kembali, Waspada Modus Penipuan Pendaftaran Akulaku Paylater

“Kesadaran ini untuk memenuhi tanggung jawab melindungi data dan dana para nasabah”, ujar Arga

Nasabah pun di imbau agar tetap waspada terhadap nomor yang tidak dikenal dengan mengirimkan dokumen dengan akhir penamaan.

APK, apalagi yang mengatasnamakan BRI. Masyarakat dapat mencegah lebih dini kejahatan tersebut dengan tidak mengklik perintah link dari aplikasi tersebut.

Nasabah bias menghubungi call center BRI di 1500017 apabila terlanjur menginsstal aplikasi bodong tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan 

Sumber: