BPS: Harga Telur dan Daging Ayam Turun Jelang Lebaran Idul Fitri 2024

BPS: Harga Telur dan Daging Ayam Turun Jelang Lebaran Idul Fitri 2024

Plt kepala BPS Amalia Adininggar menyampaikan harga telur dan daging ayam turun jelang lebaran Idul Fitri 2024--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Pelaksana tugas(plt) kepala badan pusat statistik (BPS) Amalia Adininggar menyampaikan harga telur dan daging ayam turun jelang lebaran Idul Fitri 2024.

Amalia mengatakan kalau harga telur ayam ras per senin 1 april 2024, sudah relative lebih rendah dibandingkan dengan harga pada pekan kedua bulan maret 2024. 

Menurut Amalia kenaikan harga tertinggi untuk telur ayam ras terjadi di pekan kedua maret, dimana kenaikannya mencapai 6,89 persen.

“Perkembangan harga telur ayam ras, harganya ini dibandingkan dengan minggu(pekan) kedua bulan maret sudah relatif lebih rendah.

BACA JUGA:Tahan Dulu Beli Emas, Harga Antam Kembali Melejit Rekor Tertinggi Baru di Rp 1,256 Juta per Gram

Paling tinggi terjadi di minggu ke dua maret 2024, yang mencapai 6,89 persen, ini sudah melandai”, ucap Amalia dalam apel siaga pengamanan pasokan dan harga jelang idul fitri 2024 di Jakarta.

Pekan lalu, harga telur ayam terpantau sempat berada di level Rp.33.000/kg di DKI Jakarta.

Kenaikan ini telah terjadi sekitar satu bulan yang lalu, dimana harga normalnya untuk di daerah DKI Jakarta berada di level Rp.26.000-Rp.27.000/kg.

Sementara untuk daging ayam ras, kata Amalia, kenaikan harga tidak setinggi harga telur ayam ras. “dan ini sudah melandai tekanan kenaikan harganya di minggu ke empat maret 2024, yang tidak tinggi dari pada bulan-bulan sebelumnya”, lanjutnya.

BACA JUGA:Wow! Harga Emas di Palembang Mendekati Rp 7 Juta per Suku, Terus Naik Jelang Lebaran 2024

Amalia mengatakan, ada dua factor yang membuat harga daging ayam ras mejadi tinggi. Pertama, karena bulan ramadhan menjelang hari raya idul fitri, kedua, ketersedian pasokan dan harga pakan ternak yang mengalami kenaikan.

“Di bulan ramadhan ada dua factor yang meyebabkan kenaikan harga daging dan telur ayam ras menjadi naik, yakni menjelang hari raya idul fitri, tapi karena juga adanya ketersediaan pasokan pakan ternak, baik dari pakan jagung pipilan kering dan pakan ternak lainnya”, jelasnya.

Akan tetapi, produksi pipilan jagung pada bulan maret kemarin telah mencapai puncaknya panennya. Maka, seiring dengan meningkatnya suplay jagung, hal itu dapat menekan dan melandaikan harga pakan ternak di pasaran.

Telur menjadi bahan pokok yang paling di butuhkan saat menjelang lebaran karena sebagai salah satu bahan pokok untuk membuat kue.

Sumber: