OJK Sumsel Babel Gelar Gebyar Ramadan Keuangan Syariah 1445 H

OJK Sumsel Babel Gelar Gebyar Ramadan Keuangan Syariah 1445 H

Bekerjasama dengan PT BPD Sumsel Babel Unit Usaha Syariah, OJK Sumsel Babel berbagi pengetahuan sekaligus rezeki kepada komunitas driver online yang bermitra dengan Gojek dan Grab, pada 25 Maret 2024 bertempat di Ballroom Sriwijaya OJK Sumsel Babel.-dok ojk-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (OJK Sumsel Babel) menyelenggarakan rangkaian kegiatan Gebyar Ramadan Keuangan Syariah (Gerak Syariah) 1445 H di Sumatera Selatan.

Kegiatan dilakukan dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah dan memaksimalkan momentum Ramadan bulan penuh berkah.

“Pelaksanaan Gerak Syariah di Sumatera Selatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai produk dan layanan keuangan syariah, sekaligus membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya,” ujar Untung Nugroho, Kepala OJK Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Minggu 31 Maret 2024.

Sebagai informasi, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022, tingkat literasi keuangan syariah di Sumatera Selatan sebesar 6,75 persen di bawah rata-rata nasional yang sebesar 9,14 persen, sedangkan tingkat inklusi keuangan syariah sudah mencapai 20,52 persen jauh di atas rata-rata nasional sebesar 12,12 persen. 

BACA JUGA:OJK dan Kemendagri Tingkatkan Inklusi Keuangan dan Perlindungan Konsumen

Gerak Syariah di Sumatera Selatan memuat rangkaian kegiatan edukasi, business matching, dan kegiatan sosial, yang diselenggarakan sepanjang bulan Ramadhan 1445 H, di antaranya Jajan Bukoan Sumatera Selatan di Monpera, Edukasi Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah (SiCantiks), Sharing Caring kepada komunitas driver online, Talkshow interaktif Ngoceh “Ngobrol Cuan Peh” melalui platform media sosial, dan kegiatan berbagi sosial lainnya.

Jajan Bukoan Sumatera Selatan 1445 H

Berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Grab, dan Indonesian Council Small Bussiness (ICSB), OJK Sumsel Babel menyelenggarakan event Jajan Bukoan Sumatera Selatan 1445 H di halaman utama Monpera Palembang, pada tanggal 15 s.d. 24 Maret 2024.

Berbagai macam kegiatan menarik yang diselenggarakan dalam event tersebut, di antaranya Bazaar Kuliner UMKM, Edukasi Keuangan dan Kewirausahaan, Interactive Booth, Layanan SiMOLEK Edutainment, Layanan Pemeriksaan Kesehatan, Community Performance seperti pertunjukan seni budaya, demo memasak, dan lomba kultum, serta tak ketinggalan program berbagi takjil.

Kegiatan ini juga didukung penuh oleh lembaga jasa keuangan sektor Perbankan, Pasar Modal, dan Industri Keuangan Non-Bank yang tergabung dalam Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sumatera Selatan (FKIJK Sumsel), antara lain PT Bank Rakyat Indonesia, PT Bank Syariah Indonesia, PT BPD Sumsel Babel, PT Bursa Efek Indonesia, dan PT Pegadaian.

BACA JUGA:Gandeng TPAKD se-Sumsel, OJK Gelar Kick Off Gernas BBI/PDN dan BBWI 2024

Event Jajan Bukoan Sumatera Selatan ini diikuti oleh 42 UMKM Binaan Grab, dan selama 10 hari kegiatan bazar, masing-masing tenant UMKM memperoleh transaksi keuangan yang tak kurang dari Rp1,5 juta per harinya. 

Sharing Caring Kepada Komunitas Driver Online

Tidak hanya menyasar pelaku UMKM, rangkaian Gerak Syariah Sumatera Selatan tahun ini juga menyasar kepada para pekerja informal, yakni Driver Online. Bekerjasama dengan PT BPD Sumsel Babel Unit Usaha Syariah, OJK Sumsel Babel berbagi pengetahuan sekaligus rezeki kepada komunitas driver online yang bermitra dengan Gojek dan Grab, pada 25 Maret 2024 bertempat di Ballroom Sriwijaya OJK Sumsel Babel.

Sumber: