Pilkada OKU, PJ Teddy Meilwansyah Unggul Jauh dari Calon Lain, Hasil Survei LKPI Terbaru

Pilkada OKU, PJ Teddy Meilwansyah Unggul Jauh dari Calon Lain, Hasil Survei LKPI Terbaru

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah dinilai layak untuk bertarung pada pilkada OKU mendatang. --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM- Nama Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah dinilai layak untuk bertarung pada Pilkada OKU mendatang. Beberapa lembaga survei kredibel mengeluarkan hasil surveinya dan mengunggulkan elektabilitas Teddy Meilwansyah.

Kali ini temuan survei terbaru Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) juga menempatkan (elektabilitas) Teddy Meilwansyah masih konsisten berada di urutan teratas  dan secara statistik unggul signifikan dari kompetitornya.

Tidak hanya sebatas itu, beberapa uji simulasi yang digunakan untuk melihat kekuatan elektoral, apabila terjadi pengabungan (berpasangan) antara salah satu calon bupati, Pilkada OKU akan berpotensi akan diikuti dua pasang  calon atau melawan kotak kosong.

Pada pertanyaan terbuka (top of mind), secara spontanitas responden menjawab dan memilih calon bupati sebagai berikut, Teddy Meilwansyah (33,3%), Yudi Purna Nugraha (10,1%), Marjito Bachri (10,0%), Achmad Tarmizi (0,5%).

BACA JUGA:Survei Pilpres 9 Februari 2024, LKPI: Pasangan Capres-Cawapres Pemenang di Sumsel, Suara Anies Bikin Kaget

Lalu, Tina Melinda (0,5%),  Yoni Risdianto (0,3%), Yoelandra Pratama Putra (0,3%), Yeni Erlita (0,3%), Mirdaili (0,3%), Fatal Qoribie (0,3%), Tarmizi (0,3 %).

Sementara massa yang belum menentukan pilihan (43,8%). Secara staistik, jarak elektabilitas Teddy Meilwansyah dengan calon lainnya terpaut 20% lebih.

"Artinya, Teddy Meilwansyah berhasil memperlebar jarak elektabilitas antara kompetitor lainnya,” ungkap Direktur eksekutif LKPI Arianto ketika dibincangi di sela-sela paparan survei, Sabtu 30 Maret 2024.

Lebih lanjut diterangkan lembaga yang tergabung dalam Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (Persepsi) menerangkan, Teddy Meilwansyah unggul tidak sebatas pada pertanyaan terbuka.

BACA JUGA:Survei LKPI, 74 Persen Masyarakat Muba Puas dengan Kinerja Apriyadi

Pada uji simulasi semi terbuka dengan mengajukan beberapa nama-nama calon Bupati OKU dan responden boleh menjawab nama-nama calon bupati lain, Teddy Meilwansyah tetap memimpin tataran elektabilitas.

Uji simulasi semi terbuka didapatkan dukungan Teddy Meilwansyah (45,8%), Marjito Bachri (14,2%), Yudi Purna Nugraha (13,3%), Tarmizi (1,4%), Tina Malinda (1,1%), Yenny Elita (0,6%),  Mirdaili (0,3%), Indrawati S (0,3%), Yoni Risdianto (0,1%), Imron HS (0,1%), nama calon lainnya (0,0%), dan massa yang belum menentukan pilihan (22,8%).

Bahkan pada uji simulasi untuk mengetahui kemantapan pemilih dengan mengajukan tiga nama calon bupati,  didapatkan Teddy Meilwansyah (47%), Marjito Bachri (13,8 %), Yudi Purna Nugraha (12%), dan massa yang belum menetukan pilihan (27,2%).

Bahkan, pada uji simulasi  dua calon, Teddy Meilwanyah sangat konsisten berada di angka lebih dari 58%. 

Sumber: