KPU OKU Timur Bakar 5 Ribuan Surat Suara, Langsung Musnah Disaksikan Polisi dan TNI

KPU OKU Timur Bakar 5 Ribuan Surat Suara, Langsung Musnah Disaksikan Polisi dan TNI

Pemusnahan surat suara rusak dilakukan dengan cara dibakar yang dilakukan di gudang logistik KPU OKU Timur dengan disaksikan Bupati OKU Timur H Lanosin , Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono , Dandim 0403 OKU, serta Bawaslu Kabupaten OKU Timur. -edward/radarpalembang.com-

MARTAPURA, RP - Sebanyak 5.085 surat suara rusak dan kelebihan untuk Pemilu 2024 langsung dimunahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Timur, Selasa 13 Februari 2024.

Pemusnahan ini dilakukan dengan cara dibakar yang dilakukan di gudang logistik KPU OKU Timur dengan disaksikan Bupati OKU Timur H Lanosin , Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono , Dandim 0403 OKU, serta Bawaslu Kabupaten OKU Timur. 

Ketua KPU OKU Timur Denis Firmansyah mengatakan, pemusnahan surat suara ini merupakan rangkaian akhir terkait pengurusan logistik.

"Sekarang ini proses terakhir terkait logistik, di gudang logistik sudah kosong. Sekarang kita musnahkan surat suara yang rusak. Ini dilakukan berdasarkan undang-undang, seluruh surat suara yang rusak harus dimusnahkan H-1 sebelum pencoblosan," ujarnya.

BACA JUGA:Kabupaten OKU Timur Akan Rekrut 300 CPNS 2024, Detail Formasi Tunggu Dari OPD

Saat ini lanjut Denis, semua logistik sudah mulai bergerak ke tingkat KPPS. Dari 20 kecamatan yang ada di OKU Timur sudah 18 kecamatan yang mencapai ke PPS.

Jadi masih ada dua kecamatan logistiknya yang belum berjalan ke PPS karena jarak yang jauh. Namun hari ini dipastikan akan sampai ke KPPS.

Diakui Denis sejauh ini kondisi masih cukup kondusif. Hal ini berdasarkan laporan dari rekan-rekan di lapangan. "Saya berharap besok pada saat pencoblosan semua dapat berlajan dengan aman, lancar dan terkendali tidak ada permasalahan-permasalahan pada logistik maupun dalam proses pemungutan suara," harapnya.

Sementara, Bupati OKU Timur H Lanosin menyampaikan, tahapan pemusnahan surat suara ini wajib dan penting untuk dilakukan karena hal ini ini memastikan berjalannya proses demokrasi yang aman, damai dan lancar.

BACA JUGA:APBD OKU Timur Tahun Depan Turun Ratusan Miliar, Bupati Prioritaskan Dua Hal Ini

"Untuk menciptakan situasi pemilu yang damai, aman dan kondusif maka kita wajib untuk melakukan tahapan ini," ucap Bupati.

Sedangkan, Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono menyampaikan, dari pihak kepolisian berharap jumlah yang dimusnahkan ini sesuai dengan berita acara.

"Semoga dengan pemusnahan ini tidak menimbulkan hal-hal yang berkaitan dengan mungkin terganggu jalannya Pemilu. Tentunya saya berharap yang dimusnahkan ini sesuai dengan yang ditulis di berita acara dengan fisik yang dimusnahkan dan tidak ada yang tertinggal," tegas Kapolres.

BACA JUGA:Sempat Viral, Alat Berat Standby di Jalan Banding Agung, Ini Kata Bupati OKU Timur yang Bikin Dinas PU Gercep

Sumber: