Total 30 Kelurahan dan 13 Kecamatan di Palembang Terendam Banjr, Efek Meluapnya Sungai Musi

Total 30 Kelurahan dan 13 Kecamatan di Palembang Terendam Banjr, Efek Meluapnya Sungai Musi

Pj Wali Kota Palembang H Ratu Dewa bergerak cepat dengan memerintahkan kepada Camat di wilayah tersebut untuk memantau debit air dan mengecek kondisi warga yang terdampak banjir.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Efek luapan sungai musi yang terjadi sejak Jumat, 9 Februari 2024 mengakibatkan 30 Keluarahan dari 13 Kecamatan di Kota Palembang Terendam Banjir.

Hal tersebut membuat Pj Wali Kota Palembang H Ratu Dewa bergerak cepat dengan memerintahkan kepada Camat di wilayah tersebut untuk memantau debit air dan mengecek kondisi warga yang terdampak banjir.

"Langkah tersebut diambil sebagai langkah pencegahan terhadap potensi kejadian bencana yang tidak diharapkan.

Camat yang telah memeriksa volume air diharapkan proaktif dalam memberikan laporan mengenai situasi penduduknya," seperti dikutip dari sumeks.co, Minggu 11 Februari 2024.

Menurut Ratu Dewa debit air Sungai Musi mengalami peningkatan hingga  4 meter pada 9 sampai 11 Februari 2024 sehingga menyebabkan 30 Kelurahan dari 13 Kecamatan di Palembang terendam banjir.

BACA JUGA:Mau Urus KTP-el Untuk Pemilu 2024? Tenang, Disdukcapil Palembang Masih Buka di Libur Panjang Isra Mikraj-Imlek

BACA JUGA:Ribuan Satlinmas Palembang Siap Bersinergi dengan TNI-Polri Sukseskan Pemilu 2024

"BMKG telah memberikan peringatan mengenai air pasang Sungai Musi yang berpotensi menyebabkan banjir di beberapa area Palembang," jelasnya. 

Lebih lanjut Ratu Dewa juga meminta seluruh Camat untuk mengawasi warganya yang kesulitan karena banjir tersebut dan memberikan petunjuk kepada instansi terkait seperti BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan lainnya untuk menemukan solusi dan mengatasi potensi banjir.

"Tiap Camat, BPBD, Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial Palembang perlu siap siaga untuk menghadapi potensi bencana banjir ini," tuturnya. 

Kendati itu, Ratu Dewa menyebutkan bahwa Pemkot Palembang akan membantu masyarakat yang menjadi korban banjir.

"Memberikan bantuan pangan dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi warga Palembang yang terdampak banjir," tukasnya.

Artikel ini telah tayang di sumeks.co dengan judul "Sungai Musi Meluap, 30 Kelurahan di Kota Palembang Terdampak Banjir"

Sumber: