Ribuan Satlinmas Palembang Siap Bersinergi dengan TNI-Polri Sukseskan Pemilu 2024

Ribuan Satlinmas Palembang Siap Bersinergi dengan TNI-Polri Sukseskan Pemilu 2024

Guna terlaksananya Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 yang sukses dan aman Satlinmas Kota Palembang siap bersinergi dengan TNI-Polri--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Guna terlaksananya Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 yang sukses dan aman Satlinmas Kota PALEMBANG siap bersinergi dengan TNI-Polri.

Apel siaga Pelindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Palembang digelar di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.

Aple siaga Satlinmas tersebut dipimpin langsung oleh Pj Wali Kota (Wako) Palembang Ratu Dewa, Selasa 6 Februari 2024.

Mengutip sumeks.co Pj Wali Kota Ratu Dewa menjelaskan, apel ini merupakan salah satu upaya untuk memastikan bahwa semua pihak terlibat dalam pemilihan umum ini dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. 

BACA JUGA:Optimalisasi JKN, BPJS Kesehatan Sambangi KPU Palembang, Pastikan Petugas Pemilu Skrining Kesehatan

"Kita akan memperkuat koordinasi antara aparat keamanan, pemerintah daerah, serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye, pemungutan suara, dan penghitungan suara," kata Dewa.

Selain itu apel siaga ini sebagai bentuk keseriusan dan tanggung jawab bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta kelancaran penyelenggaraan Pemilu yang sebentar lagi berlangsung.

Pada pemilu 2024 ini para Satlinmas nantinya akan bersinergi dengan TNI-Polri guna pengamanan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dengan sinergi tersebut diharap dapat meningkatkan pengawasan terhadap potensi konflik atau gangguan keamanan yang dapat mengganggu kelancaran pemilihan.

BACA JUGA:Hore! 13 Ribu ASN di Palembang Naik Gaji, Ini Besaran Kenaikanya, Apakah Gaji PPPK Juga Naik?

"Saat ini sudah terbentuk Satlinmas TPS sebanyak 9.554 orang yang tersebar di 4.777 TPS, kemudian 9.554 orang ini termasuk juga Satlinmas yang bertugas TPS khusus yang berjumlah 11 TPS," ujar Ratu Dewa.

Sedangkan untuk Komposisi Satgas Pelindungan Masyarakat Kota Palembang sesuai Keputusan Wali Kota Palembang No.33/KPTS/PP/2023 tentang Satuan Tugas Pelindungan Masyarakat Kota Palembang berjumlah 2.083 orang.

Nantinya Satlinmas yang bertugas di Pemilu 2024 ini sudah memakai Pakaian Tugas yang Baru sesuai dengan Permendagri No 11 Tahun 2023 yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota Palembang. 

Ratu Dewa juga terus berupaya meningkatkan kinerja dari Satlinmas, salah satunya melalui peningkatan biaya operasional yang rencananya lebih dari 100 persen, dari yang sebelumnya Rp50 ribu menjadi Rp125 ribu. 

Sumber: