Debat Pamungkas Dinilai Penting untuk Perkuat Konsolidasi Dukungan, Berikut Jadwal dan Tema Kelima Pemilu 2024

Debat Pamungkas Dinilai Penting untuk Perkuat Konsolidasi Dukungan, Berikut Jadwal dan Tema Kelima Pemilu 2024

Debat pamungkas capres dan cawapres yang akan dijadwalkan pada Minggu 4 Februari 2024 mendatang.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM -  Debat terakhir yakni debat ke-5 akan dijadwal pada Minggu 4 Februari 2024.

Pada debat pamungkas ini dinilai penting untuk memperkuat konsolidasi dukungan masing-masing pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) menjelang Pemilu 2024, yakni 14 Februari 2024.  

Hal ini disampaikan pengamat politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam yang berpandangan bahwa debat terakhir ini sangat penting untuk mengonsolidasikan basis dukungan masing-masing capres-cawapres di detik-detik terakhir, praktis 10 hari jelang pencoblosan.

Umam tidak memungkiri bahwa banyak pemilih yang sudah punya pilihan dan sudah sulit bergeser dari pilihannya.

BACA JUGA:Lebih Dekat dengan Tom Lembong, Wakil Kapten Timnas Pemenangan AMIN yang Lagi Trending, Namanya Makin Terkenal

Namun, ia menilai, debat pamungkas ini bakal menjadi momentum bagi masing-masing pasangan untuk memastikan besaran dukungan yang mereka punya.

Oleh karena itu, menurut Umam, debat terakhir ini dapat menentukan apakah Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dapat berlangsung dalam satu atau dua putaran.

"Pukulan terakhir benar-benar dibutuhkan untuk memastikan apakah benar target 02 untuk menang satu putaran bisa diwujudkan?" ujar Umam.

Dan apakah benar kubu 01 dan 03 bisa tampil kompetitif untuk menahan proses konsolidasi kekuatan 02 dan memaksanya untuk masuk ke permainan yang lebih panjang melalui putaran kedua?

BACA JUGA:Jangan Lewatkan Debat Cawapres, Cek Tema, Panelis dan Moderator pada Debat Keempat Pilpres 2024

Dalam kesempatan ini, Umam memprediksi, calon presiden nomor urut 1 dan 3, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, akan kembali tampil menyerang calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.

"Kubu 02 tampaknya memang sudah harus menyiapkan mental untuk dikeroyok lagi oleh kubu 01 dan 03," kata Umam.

Menurut Umam, apabila Prabowo dapat bertarung secara efektif atau tidak pasrah seperti debat sebelumnya, elektabilitasnya dapat meningkat untuk mencapai target menang satu putaran.

Di sisi lain, Anies Baswedan selaku mantan menteri pendidikan punya rekam jejak yang lebih kuat untuk bicara isu pendidikan dan sumber daya manusia yang menjadi tema debat pada Minggu mendatang.

Sumber: