Alam Ganjar di Palembang, Gaet Suara Milenial, Singgung Pemimpin yang Diidam-idamkan Anak Muda

Alam Ganjar di Palembang, Gaet Suara Milenial, Singgung Pemimpin yang Diidam-idamkan Anak Muda

Alam Ganjar berinteraksi bersama puluhan anak muda di Palembang yang dikemas dalam 'Rangking 1 atau Sat Set Juara', Alam sendiri mengaku cukup asyik, karena hal itu bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuan umum dengan cara-cara asyik dan kreatif.-zarkasi/radarpalembang.com-

PALEMBANG,RADARPALEMBANG.COM - Setelah sang ibu melakukan safari politik di PALEMBANG, kini giliran putra calon presiden (capres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo yaitu Muhammad Zinedine Alam Ganjar hadir di kota pempek.

Alam menyebut anak muda kalangan milenial membutuhkan pemimpin yang bukan usia muda. Melainkan pemimpin yang melibatkan anak muda di dalam membuat kebijakan. 

"Yang dibutuhkan anak muda saat ini, kaloborator dan aspirator, jadi kita butuh sosok pemimpin yang benar-benar yang bisa mampu melibatkan elemen masyarakat, termasuk anak muda dalam proses kebijakannya," kata Alam, saat melakukan interaksi dengan anak muda di Kota Palembang, Rabu 24 Januari 2024.

Dijelaskan Alam, dengan era demokrasi saat ini, sering dilupakan demokrasi itu sendiri, dengan tidak hanya check and balance antara masyarakat dan pemerintah.

Tapi demokrasi ini melibatkan masyarakat untuk turut mengambil alih dengan berpartisipasi dalam kebijakan.

"Salah satunya (harus dilibatkan) anak muda karena populasinya semakin besar di sini, dan juga bonus demografinya itu memiliki persentase demokrasi tertinggi," ujarnya.

Sehingga, tambah Alam, proses pelibatan anak muda terpenuhi, tapi perlu digarisbawahi juga dalam memilih sosok pemimpin itu anak muda bukan terlepas dari usianya, tapi melalui pemikiran dan jiwanya.

"Oleh karena itu kira- kira paling tidak atau yang bisa memenuhi kebutuhan anak muda, itulah pemimpin yang diidam-idamkan anak muda,"ujar dia.

Disinggung soal penampilan debat calon wakil presiden (cawapres) 02 Gibran Rakabuming Raka yang merupakan anak muda, ia sendiri menilai jika hal itu mencerminkan individu bukan anak muda secara keseluruhan. 

"Itu mencerminkan individunya saja, dan saya juga tidak memiliki kapasitas berkomentar soal itu, dan saya hanya mewakili apa yang saya utarakan. Dan kalau saya lihat teman- teman di sini seperti inilah yang terlihat anak muda Indonesia," bebernya.

Dalam interaksi bersama puluhan anak muda di Palembang sendiri yang dikemas dalam 'Rangking 1 atau Sat Set Juara', Alam sendiri mengaku cukup asyik, karena hal itu bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuan umum dengan cara-cara  asyik dan kreatif.

"Jadi pesan yang disampaikan, kita membuka wawasan sesuai dengan platform - platform yang ada, karena kita sudah diberkahi dengan kondisi digitalisasi yang sangat luar biasa, tinggal kita mengatur kebijaksanaan di situ," tukasnya.

Sebab, aku Alam, apabila telah diberikan infrastruktur dan platform yang luar biasa di situ, tinggal tugas meletakkan kebijaksanaan untuk menangkap informasi yang baik dan menyeleksi informasi yang kurang baik.

Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Pranowo - Mahfud MD provinsi Sumsel Yahya Maya Sakti menambahkan, kehadiran Alam untuk berdialog dan menyerap aspirasi anak muda di Sumsel khususnya Kota Palembang. 

Sumber: