Perbedaan LFP dengan Nikel, Bahan Baku Baterai Listrik yang Ramai Diperbincangkan Usai Debat Cawapres 2024

Perbedaan LFP dengan Nikel, Bahan Baku Baterai Listrik yang Ramai Diperbincangkan Usai Debat Cawapres 2024

Perbedaan antara LFP dengan Nikel sebagai bahan baku dalam pembuatan baterai listrik menjadi ramai diperbincangkan usai debat Cawapres 2024--

Selain itu penggunaan baterai LFP Lebih aman dibandingkan NMC batter atau lithium-ion (Li-ion) yang berbasis nikel.

Baterai listrik yang berbasis fero atau LFP battery diklaim lebih aman karena tidak mudah meledak, dibandingkan  baterai listrik berbasis nikel.

Dan kalo pun mengalami kebocor atau rusak, baterai LFP juga tidak akan menggelembung dan hanya mengeluarkan cairan.

Bukan hanya itu baterai berbasis LFP diklaim lebih punya masa pakai yang lebih lama alias lebih awet ketimbang baterai lithium-ion.

Sudah pasti pabrikan mobil listrik tentunya selain mempertimbangkan performa kendaraan juga mempertimbangkan kelestarian bumi.

BACA JUGA:Xiaomi SU7 Bukan Smartphone, Ini Mobil Listrik Terbaru yang Diprediksi Bakal Saingi Tesla di Tahun 2024

Namun meski baterai listrik berbasis nikel punya umur pakai yang lebih pendek, namun untuk urusan energy density-nya lebih tinggi.

Sebab itulah bentuk dan ukuran kemasan baterai berbasis nikel atau lithium-ion (Li-ion) memiliki kotak penyimpanan yang lebih kecil dibanding yang berbasis fero.

Adapun kekurangan baterai listrik berbasis nikel atau NMC battery adalah renatan terhadap kebakaran, namun pastinya pabrikan mobil listrik pengguna jenis baterai ini punya teknologi temperature management untuk hal ini.

Kesimpulanya soal keamanan adalah baterai listrik berbasis LFP lebih aman karena lebih stabil dan tidak gampang meledak, sedangkan baterai nikel perlu manajemen suhu ekstra untuk menjaga kestabilannya.

Biar lebih mudah berikut perbandingan masa pakai kedua jenis baterai listrik ini:

Masa pakai baterai listrik berbasis LFP mencapai 2.000 hingga 3.000 cycle atau setara dengan masa pakai hingga 10 tahun.

BACA JUGA:Wow! Urusan Penjualan Merek Mobil Listrik Satu Ini Mampu Kalahkan Tesla, Jual 76 Ribu Unit Dalam Seminggu

Sedangkan untuk baterai listrik berbasis nikel atau NMC battery jauh lebih pendek, sekitar 1.000 hingga 1.500 cycle atau hanya sekitar 5 tahun saja.

Jadi kendaraan listrik baik motor atau mobil yang menggunakan baterai berbasis nikel akan sering melakukan penggantian baterai ketimbang yang menggunakan baterai listrik berbasis LFP.

Sumber: