Selama Nataru 2023/2024, Trafik Data XL Axiata Naik 15 Persen, Dominasi Game Melonjak 68 Persen

Selama Nataru 2023/2024, Trafik Data XL Axiata Naik 15 Persen, Dominasi Game Melonjak 68 Persen

Teknisi melakukan pengecekan jaringan pada perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata di Batam beberapa waktu lalu. --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2023/2024 meningkat sebesar 15 persen dibandingkan hari normal.

Jika dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru atau Nataru sebelumnya, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat alami lonjakan 19 persen.

"Jauh-jauh hari kami di XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024,"Direktur and Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dikutip radarpalembang.com, Minggu 7 Januari 2024.

Adapun layanan lonjakan kebutuhan data pelanggan tersebut, hasil monitoring PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) antara 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

BACA JUGA:XL Axiata dan Link Net Perkuat Posisi Manfaatkan Peluang Pasar FBB dan FMC di Indonesia

"Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2023, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru,"ungkap dia.

Selain itu, XL Axiata juga mencatat puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 90 persen dibandingkan kondisi hari normal. 

Seperti yang telah diprediksi XL Axiata, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. 

"Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan,"kata dia. 

BACA JUGA:XL Axiata Raih Bendera Emas dari Kemenaker RI, Siap Tangani Proyek Beresiko Tinggi

Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 1 persen dan SMS sebesar 8 persen dibandingkan hari biasa. 

"Mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru,"ungkap dia.

Dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2023/2024, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul File access, dan Game. 

Untuk trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 68 persen.

Sumber: