Selama Nataru 2023/2024, Trafik Data XL Axiata Naik 15 Persen, Dominasi Game Melonjak 68 Persen
Teknisi melakukan pengecekan jaringan pada perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata di Batam beberapa waktu lalu. --
BACA JUGA:XL Axiata Kirim Paket Bantuan untuk Warga Terdampak Kabut Asap di Sumsel dan Jambi
Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 10-15 persen dari hari normal, Instagram sebesar 23 persen.
Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 8 persen, Tiktok 4 persen. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 30 persen.
Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify dan Joox masih sama dengan hari normal.
Untuk gim, trafik tertinggi ada pada Roblox sebesar 106 persen dari hari normal. Lalu Mobile Legends, naik 73 persen.
BACA JUGA:Jelang MotoGP 2023 Mandalika, XL Axiata Pastikan Jaringan Prima di 21 BTS 4G
Pada layanan streaming film, trafik Netflix naik 35 persen dibandingkan hari normal, WeTV, 39 persen, Amazon Prime Video, 29 persen, dan Disney+ sebesar 13 persen.
Dan seperti biasanya selama masa libur panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat.
Waze GPS meningkat sebesar 40 persen, dan Google Maps meningkat sebesar 23 persen, dan sementara trafik Apple Map sama dengan hari normal.
Untuk layanan XL Home juga mengalami kenaikan trafik sebesar 12-15 persen jika dibandingkan dengan hari normal.
BACA JUGA:Tukar Smartphone Lama ke Baru, XL Axiata dan Erafone Gelar Myprio Deal Expo 2023
Hal ini disebabkan karena masyarakat juga banyak yang menikmati liburan natal dan tahun baru di rumah.
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 158 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G.
Selain itu, XL Axiata juga menyiapkan jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km.
Langkah tersebut menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.
Sumber: