SAI Palembang, Asah Leadership Siswa Gelar Kegiatan Seru OTFA, Ini Tujuannya

SAI Palembang, Asah Leadership Siswa Gelar Kegiatan Seru OTFA, Ini Tujuannya

Sekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang menyelenggarakan Out Trekking Fun Adventure (OTFA) SD Alam Indonesia Palembang dengan tema “Grow Your Food for Healthy Life”, 13 - 14 Desember 2023.-henny/radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COMSekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang menyelenggarakan Out Trekking Fun Adventure (OTFA) SD Alam Indonesia Palembang dengan tema “Grow Your Food for Healthy Life”, 13 - 14 Desember 2023.

“Kegiatan ini merupakan puncak penilaian dari  kurikulum Leadership. Kita punya 3 ranah kurikulum, ada Akhlak, Logika Berpikir, dan Leadership. Jadi kegitan OTFA ini adalah puncak kurikulum Leadership kita,” tutur Febrizan, Kepala Sekolah Sekolah Alam Indonesia Palembang, Jumat 15 Desember 2023.

Kegiatan yang berlokasi di Rimba Kemampo, Banyuasin 3 ini mengajak para siswa melakukan berbagai kegiatan seru seperti camping, outbond, trekking, fun games, dan selebrasi PJBL (Project Based Learning).

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat mengasah leadership, kemandirian, daya juang, keberanian bagi 39 siswa yang tergabung mulai dari kelas 1 - 6.

BACA JUGA:Dosen UBD, Ferry Kurniawan Resmi Jadi Wasekjend Hiski Pusat

Pihaknya juga menerapkan PJBL dengan mengadakan lomba masak dan  mengundang profesional chef Dhani yang berperan sebagai juri.

Menurut Febrizan, kegiatan OTFA ini  tidak melibatkan pihak orangtua, dengan tujuan untuk melatih kemandirian dan kerja sama anak.

Terbukti, program tahunan dari sekolah yang sudah berdiri sejak 2011 ini mampu mendidik siswa menjadi sosok yang mandiri. Bahkan, program ini selalu ditunggu para siswa.

Disebutkan Febrizan, SAI sendiri merupakan sekolah formal pada umumnya dengan mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia, dan lainnya. Hanya saja, SAI memiliki tiga ranah kurikulum khusus. 

BACA JUGA:Reuni Akbar FH UMP Diundur, Rencana Akan Digelar Januari 2024, Ini Alasannya

“Dari tiga ranah kurikulum ini, kita melatih anak bagaimana mereka mengembangkan karakter akhlaknya, leadershipnya, jadi kita latih mereka siap memimpin dirinya dan dipimpin oleh orang lain,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga melatih thinking skill si anak dengan melibatkan para siswa dalam sebuah projek di mana mereka harus melakukan observasi, mencari masalah, mereka menemukan solusi dan selebrasikan.

Saat ini, sekolah yang berlokasi di Jalan Sukabangun 2 Lorong Masjid Palembang sedang membuka penerimaan peserta didik baru.

Dijelaskan Febrizan, untuk pembiayaan ada tiga item, ada Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) di kisaran Rp11 - Rp12 juta tergantung level.

Sumber: