Ternyata Lebih dari Separuh Gen-Z Punya Pekerjaan Sampingan

Ternyata Lebih dari Separuh Gen-Z Punya Pekerjaan Sampingan

Ilustrasi kelompok gen z--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Setidaknya 53 persen Generasi Z atau Gen-Z yang tahun ini berusia 21-26 tahun, mengaku bahwa mereka memiliki pekerjaan sampingan atau side job, di luar pekerjaan utama mereka.

Pekerjaan sampingan atau side job ini berfungsi sebagai jalan untuk meningkatkan pundi-pundi keuangan, dan juga memperoleh keterampilan baru.

Demikian bunyi laporan yang dikutip dari Indonesian Milenneals and Gen Z Report 2024 dari IDN Times, pada Jumat 24 November 2023.

Gen Z yang sudah mulai beranjak dewasa dan menginjak usia hampir 30 tahun, yang memiliki banyak pengalaman kerja serta jaringan profesional yang luas, mereka layak mendapatkan pekerjaan sampingan.

BACA JUGA:Begini Pola Milenial Belanjakan Gajinya Setiap Bulan, Intip yuk!

Ditambah, mereka sudah memiliki kepercayaan diri yang tinggi, apalagi ketika jenis pekerjaan sampingannya tak berbeda jauh dari pekerjaan utamanya.

72 persen Gen-Z berusia 16-20 tahun punya pekerjaan sampingan

Dalam konteks Gen Z di Indonesia, pekerjaan sampingan sebagian besar berfungsi sebagai sumber pendapatan tambahan.

Dalam survei ini, 14 persen menyatakan bahwa pekerjaan sampingan mereka memberikan tambahan pundi-pundi sekitar 25 hingga 50 persen dari pendapatan utama mereka.

BACA JUGA:Cara Menabung Emas di Pegadaian, Ini Syarat Lengkapnya

Hasil ini menegaskan bahwa pekerjaan sampingan umumnya dimaksudkan untuk melengkapi sumber pendapatan utama, dan bukan sebagai penghasil pendapatan utama.

Jika disimpulkan, Gen-Z di Indonesia dihadapkan pada kenyataan bahwa satu sumber pendapatan saja tidak cukup untuk mengatasi biaya hidup yang terus meningkat.

Hal ini juga sejalan bagi mereka yang harus bertanggung jawab atas hidup orang tua mereka, atau mereka yang memutuskan menikah dan memiliki anak di usia di bawah 30 tahun.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan Promo Payday Blibli November 2023, Dapatkan 4 Keuntungan Ini

Sumber: