Mualimin Pardi 'Apenk' Ramaikan Bursa Calon Ketum KONI Sumsel?

Mualimin Pardi 'Apenk' Ramaikan Bursa Calon Ketum KONI Sumsel?

Sejumlah nama tokoh pegiat olahraga di Sumsel dikabarkan maju dalam pemilihan Ketum KONI Sumsel salah satunya Ketum FPTI Palembang Mualimin Pardi Dahlan--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Sejumlah nama tokoh pegiat olahraga di Sumsel dikabarkan maju dalam pemilihan Ketum KONI Sumsel salah satunya Ketum FPTI Palembang Mualimin Pardi Dahlan.

Setelah sebelumnya ada nama Bupati PALI Heri Amalindo, Politikus PDI Perjuangan, Yulian Gunhar dan M Asrul Indrawan, kini yang terbaru muncul nama Komisaris Independen Petromuba (Perseroda), Mualimin Pardi Dahlan, yang juga ikut disebut meramaikan bursa pencalonan Ketum KONI Sumsel.

“Itu kabar darimana, bagaimana dengan Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel?” ujar Mualimin, Kamis 15 november 2023

Terkait pertanyaan baliknya bagaimana dengan Pj Gubernur Sumsel, Mualimin mengungkapkan, karena semua orang tahu kondisi KONI Sumsel sejak kasus tersebut, hingga KONI Pusat menunjuk seorang Pelaksana tugas (Plt).

BACA JUGA:Tanpa Lawan, Mualimin Pardi Dahlan Jabat Ketua Umum FPTI Palembang

“Artinya ini perlu mendapat perhatian serius, bahkan agenda pembenahan kedepan oleh Ketum yang baru nantinya menjadi prioritas.

Soal Pj Gubernur Sumsel, ini bukan dimaksud untuk cawe-cawe, tapi ya karena kondisi luar biasa ini dan menurut AD/ART KONI juga jelas bahwa unsur pimpinan daerah adalah pelindung KONI Sumsel,” kata, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Palembang itu.

Kemudian, pria yang akrab disapa Apenk itu menjelaskan, pihaknya mendengar KONI Sumsel saat ini terkendala kondisi keuangan untuk melaksanakan Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub).

“Jadi wajar-wajar saja kan Pj Gubernur Susmel selaku pelindung atau pembina ikut membantu demi menyelamatkan keberlangsungan KONI Sumsel terlebih demi kepentingan pembinaan prestasi atlet yang lebih maju kedepannya,” jelas Ketua Umum Dancesport Muba itu.

BACA JUGA:Staf KONI Sumsel Berhutang Karena Tak Gajian 4 Bulan, Ini Alasannya

Apenk menerangkan, KONI Sumsel saat ini memang dalam keadaan luar biasa, sejak permasalahan hukum yang muncul dan telah ditetapkan status tersangka terhadap unsur pucuk pimpinan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel. 

Berkaca dari kondisi itulah, pada medio September 2023 bersama pegiat olahraga lainnya, Apenk berinisiatif membentuk Tim Advokasi Pembela Hak Anggota (TAPAK) KONI Sumsel, untuk memberi pendampingan dan pembelaan terhadap hak-hak anggota KONI Sumsel. 

Kemudian, ikut membantu anggota KONI Sumsel dalam hal terdapat permasalahan-permasalahan yang muncul selama pelaksanaan PORPROV XIV SUMSEL tanggal 17 – 24 September 2023 di Kabupaten Lahat.

Sekadar informasi, sejak pengunduran diri Hendri Zainuddin sebagai Ketum KONI Sumsel Masa Bakti 2020 – 2024 pada tanggal 11 September 2023, KONI Pusat menunjuk Wakil Ketua Umum III Bidang Organisasi KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Andrie TU Soetarno, sebagai Pejabat Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum KONI Sumsel berdasarkan SK Nomor 145 Tahun 2023 tanggal 12 September 2023.

Sumber: