Sop Segubal Bikin Ngiler, Menu Sarapan Khas Komering Ada di Pondok Pindang Umak Km 10

Sop Segubal Bikin Ngiler, Menu Sarapan Khas Komering Ada di Pondok Pindang Umak Km 10

Pindang Umak Km 10 Palembang menyajikan menu sarapan khas Komering sop segubal yang punya cita rasa sangat nikmat bikin ngiler.-henny/radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COMPondok Pindang Umak Km 10 saat ini menyediakan menu sarapan khas Komering, yang sudah pasti bikin ngiler.

Memulai beraktivitas di pagi hari, tubuh memang membutuhkan sarapan sebagai asupan energi. Nah, Pondok Pindang Umak bisa jadi pilihan. 

Tempat yang berlokasi di Jalan Kolonel H Barlian Km 10 ini bahkan menyediakan menu sarapan khas Komering, yakni Sop Segubal yang tidak tersedia di tempat lainnya. Menu baru ini jelas bikin ngiler.

Islamiah atau biasa disapa Umak, pemilik dari Pondok Pindang Umak menyebutkan, sudah kewajiban baginya untuk mengangkat menu yang menjadi ciri khas tempat ia berasal di Belitang OKU Timur.

BACA JUGA:Jelajah Rasa Makanan khas Palembang di Pindang Umak Jakabaring, Lalapan Sekebon, Sambal Bisa Sepuasnya

"Kalau kami Komering ini, Sop Segubal biasa disuguhkan pada saat Lebaran. Tapi Umak pengen angkat menu ini agar dikenal banyak orang, kalau bisa viral,” ujar Umak saat dibincangi, Kamis 2 November 2023.

Sop segubal tergolong unik dan bikin ngiler, dengan isian ketan putih yang berbentuk lonjong seperti lontong, lalu diiris dengan ukuran sedang kemudian diberi kuah sup lengkap dengan ayam, kentang, dan wortel.

Ketan sendiri memiliki rasa gurih yang berasal dari santan yang ditambahkan pada saat awal pembuatan. Belum lagi kuah kaldu yang lekat di lidah serta taburan bawang goreng terasa sedap dan menguar di mulut.

Tak hanya Sop Segubal, satu lagi menu yang menjadi ciri khas di Pondok Pindang Umak ada Mie Suwito.

BACA JUGA:Resep 'Anyang' Urap Khas Minang Jadi Primadona Para Pecinta Sayuran

Menurut Umak, untuk bahan baku mi, dibuat sendiri tanpa menggunakan bahan pengawet maupun bahan berbahaya lainnya.

“Mie Suwito ini khas kami dusun orang komering. Mie kami buat sendiri tidak pakai pengawet, jadi kalau buat pagi, besok sudah basi,” jelasnya.

Untuk kuah, disebutkan Umak, berbeda dengan kuah sup, tekwan, atau lainnya. Kuah Mie Suwito diberi udang kering. Ini yang menjadi kunci kelezatan dari menu satu ini.

Mie Suwito juga dilengkapi dengan taburan ayam suwir, bawang goreng, dan telur rebus.

Sumber: