Usai Resmikan Tol, Curhat Warga ke Jokowi , Dulu dari Palembang ke Lampung 12 jam, Sekarang 3,5 Jam Saja

Usai Resmikan Tol, Curhat Warga ke Jokowi , Dulu dari Palembang ke Lampung 12 jam, Sekarang 3,5 Jam Saja

Presiden RI Joko Widodo (tengah) memberikan kata sambutan didampingi Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meresmikan jalan tol Indralaya-Prabumulih, Kamis 26 Oktober 2023.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mendapatkan cerita menarik usai meresmikan jalan tol Indralaya-Prabumulih, Kamis 26 Oktober 2023.

Jokowio menceritakan isi pembicaraannya dalam pertemuan dengan para tokoh masyarakat dan tokoh agama sebelumnya.

Menurut Jokowi, mereka menyampaikan bahwa pembangunan jalan tol yang dilakukan pemerintah memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

“Beliau-beliau menyampaikan, Pak dulu dari Palembang ke Lampung itu memakan waktu 10-12 jam. Sekarang 3,5 jam sudah bisa,”kata Jokowi saat sambutan peresmian jalan tol Indralaya-Prabumulih.

BACA JUGA:Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Terhubung ke Kawasan Produktif, Perintah Jokowi ke Kepala Daerah

Keberadaan jalan tol memberikan dampak luar biasa di masyarakat, perpindahan atau mobilitas antara satu daerah ke daerah lainnya menjadi lebih cepat.

“Terjadi sebuah kecepatan (mobilitas) yang luar biasa kalau seperti itu,” ungkap Jokowi.

Hal serupa diharapkan terjadi dengan adanya keberadaan jalan tol Indralaya-Prabumulih.

Selesainya pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih di Sumsel diharapkan memberikan manfaat besar bisa meningkatkan produktivitas masyarakat.

 BACA JUGA:Hutama Karya Sebut 309.733 Kendaraan telah Lintasi Jalan Tol Indralaya-Prabumulih

Terjadi sebuah kecepatan yang luar biasa kalau seperti itu," ungkap Jokowi.

Meski demikian, Jokowi menilai panjang jalan tol yang dimiliki Indonesia saat ini masih kalah dibandingkan negara lainnya.

Di China, hingga saat ini sudah memiliki 280 ribu km jalan tol. Sementara Indonesia baru memiliki 2.800 km jalan tol.

“Betapa masih sangat jauhnya daya saing kita, itu yang ingin kita kejar agar kita bisa bersaing dengan negara-negara lain,” ujar Jokowi.

BACA JUGA:Heboh! Polisi Geledah Rumah Ketua KPK? Simak Fakta Kasusnya Ini

Pemerintah akan terus membangun infrastrutur baik menggunakan anggaran APBN, BUMN, maupun bekerja sama dengan pihak swasta.

Dalam kesempatan ini, Presiden juga sekaligus meresmikan Jalan Layang Patih Galung di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

“Dengan mengucap bismillah, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih dan flyover Patih Galung, Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan,” ujar Jokowi.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih di Sumatera Selatan, Kamis 26 Oktober 2023.

BACA JUGA:New Honda Scoopy Beri Jaminan Rangka 5 Tahun tanpa Batas Jarak Tempuh, Ada Juga Garansi Mesin dan Kelistrikan

Jalan tol Indralaya-Prabumulih di Sumatera Selatan sepanjang 64,5 km telah selesai dibangun dan siap untuk dioperasikan.

Sebenarnya, jalan tol Indralaya-Prabumulih juga telah beroperasi tanpa tarif sejak tanggal 30 Agustus 2023.

Jalan tol Indralaya-Prabumulih telah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada bulan Juli lalu.

BACA JUGA:Masih Tren Positif, Harga Emas Antam Hari Ini 26 Oktober 2023 Naik Tipis, Cek per Gram di Sini

Sumber: