Lebih Aman Mana, Duduk di Car Seat atau Dipangku Jika Ajak Anak Naik Mobil

Lebih Aman Mana, Duduk di Car Seat atau Dipangku Jika Ajak Anak Naik Mobil

Para orang tua mesti tau perbandingan resiko lebih aman menggunakan car seat atau dipangku saat ajak anak berpergian dengan mobil--

PALEMBANG, RADARPALEMANG.COM - Para orang tua mesti tau perbandingan resiko lebih aman menggunakan car seat atau dipangku saat ajak anak berpergian dengan mobil.

Keselamatan pengemudi dan penumpang paling penting dan jadi hal utama saat berkendara, terlebih jika penumpang tersebut adalah si buah hati kita.

Mungkin bagi sebagian orang tua lebih nyaman dan terbiasa untuk memangku anaknya saat berkendara dengan menggunakan mobil.

Namun ada juga orang tua yang lebih memilih menggunakan car seat saat mengajak buah hatinya berkendara dengan mobil, meksi jumlahnya tidak banyak.

Belum banyaknya masyarakat indonesia yang menggunakan car seat saat berkendara dengan anaknya karena memang di Indonesia hal ini belum terlalu populer.

BACA JUGA:Ternyata ini Komponen yang Buat Harga Motor Listrik Honda EM 1 Jadi Mahal

Namun ternyata penggunaan car seat dapat meminimalisir cedera yang terjadi akibat kecelakaan ketimbang jika sang anak dipangku ketika di dalam mobil.

Hal tersebut karena penggunaan car seat dapat melindungi bagian kepala, leher, dan tulang belakang anak.

Dari riset yang dilakukan oleh SafeKids Indonesia (Sebuah komunitas yang fokus terhadap isu pencegahan cedera yang tak disengaja kepada anak) saat mengerem mendadak anak yang di pangku akan merasa seperti di ping[ong di dalam mobil.

Dan bukan hanya itu anak juga berisiko terlempar ke kaca depan, dan dampak yang dirasakan anak berpuluh kali lipat dari berat badannya.

Seperti kasus yang terjadi pada Artis Baim Wong beberapa waktu lalu. Baim Wong sempat mengalami kecelakaan tunggal saat keluar dari sebuah mal di kawasan Jakarta Selatan.

BACA JUGA:Fakta Mobil Hybrid Makin Laku di Indonesia, Penyumbang hampir 50 Persen Penjualan

Kecelakaan tersebut sempat membuat Kenzo anak dari Baim Wong nyaris terpental mengenai dashboard. Saat itu Kenzo duduk di kursi depan tanpa menggunakan baby car seat dan hanya dipangku sang ibu, Paula Verhoeven.

Diketahui memang mobil telah dilengkapi dengan sabuk pengaman di setiap barisnya, namun ukuran dari sabuk pengan tersebut tidak didesain untuk anak kecil bahkan bayi.

Sumber: