PALI Jadi Daerah Paling Inovatif di Indonesia, Khairiman: Ini Tak Lepas dari Dukungan Bupati Heri Amalindo

PALI Jadi Daerah Paling Inovatif di Indonesia, Khairiman: Ini Tak Lepas dari Dukungan Bupati Heri Amalindo

kabupaten berjuluk Serepat Serasan merupakan kabupaten tercepat urutan kedua penyampaian inovasi pada Inovation Government Award (IGA) tahun 2023, masuk dalam urutan 100 besar kabupaten saat ini dari 514 kabupaten kota yang ada di Indonesia sebagai salah-dok pali-

PALI, RADARPALEMBANG.COM - Prestasi membanggakan kembali diraih kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) di bawah kepemimpinan Bupati Dr Ir H Heri Amalindo MM.

Kali ini, kabupaten pecahan Muara Enim menjadi salah satu kabupaten yang masuk kategori sangat inovatif yang ada Indonesia.

Bahkan, kabupaten berjuluk Serepat Serasan merupakan kabupaten tercepat urutan kedua penyampaian inovasi pada Inovation Government Award (IGA) tahun 2023, masuk dalam urutan 100 besar kabupaten  saat ini dari 514 kabupaten kota yang ada di Indonesia sebagai salah satu daerah yang inovatif.

Inovasi tersebut ditunjang oleh program PALI Innovation Award (PIA) 2023, terbukti dari puluhan inovasi yang mengikuti lomba tersebut pada 2023 ini, yang diinisiasi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten PALI.

BACA JUGA:Bupati Heri Amalindo Siapkan Lahan Pembangunan Kantor Pertanahan PALI

"Alhamdulillah, meski usia Kabupaten PALI yang baru 10 tahun tapi sudah berada di urutan bawah 100 dari 514 kabupaten kota yang ada di Indonesia. Yang ngomong ini bukan Heri Amalindo, tapi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional. Tentu ini suatu pencapaian yang sangat luar biasa," ujar Bupati Heri Amalindo saat hadiri acara  pemberian Anugerah Inovasi Daerah Kabupaten PALI tahun 2023, Selasa 5 September 2023 di Gedung Pesos.

Heri Amalindo menjelaskan, saat ini Kabupaten PALI tidak lagi kaleng-kaleng. Sudah disegani, diperhitungkan oleh pemerintah, baik regional maupun tingkat nasional, karena sudah menunjukkan prestasi yang sangat banyak, baik di olahraga, pendidikan dan inovasi lainnya.

"Oleh karenanya, Kabupaten PALI tidak bisa maju hanya oleh Kepala daerah, tetapi juga oleh semua elemen masyarakat, OPD, pelajar yang selalu menghadirkan gagasan ide dan inovasi untuk membangun Kabupaten PALI. Pemkab PALI dalam kesempatan ini hanya memberikan semangat kepada generasi muda dan masyarakat Kabupaten PALI untuk terus berinovasi," paparnya.

Dalam kesempatan itu, kepala daerah yang digadang-gadang bakal calon Gubernur Sumatera Selatan itu, juga meminta kepada seluruh inovator baik yang meraih juara ataupun yang belum meraih juara untuk terus berpikir membuat terobosan.

BACA JUGA:Warga Seneng Banget, Bupati Heri Amalindo Pangkas Harga Beras di PALI, dari 15 Ribu jadi Rp 9.400

"Karena seorang inovator adalah seorang yang mampu menciptakan dari yang belum ada menjadi ada. Tentu itu semua tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin untuk berinovasi. Raihlah cita-cita setinggi langit, kalau pun jatuh, jatuhnya di atas bintang-bintang," pungkasnya.


Kepala Balitbangda PALI Khairiman. -dok pali-

Sementara itu, Kepala Balitbang Kabupaten PALI, Khairiman SPt MSi, menyebut bahwa capaian yang diraih tak lepas dari dukungan penuh Bupati Heri Amalindo.

"PALI bisa seperti ini tak lepas dari dukungan Pak Bupati Heri Amalindo, yang telah bekerja keras juga memberi arahan serta semangat  kepada kami," sebut Khairiman.

Sumber: