Tanaman Liar ini Namanya Patikan Kebo, Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan di Percaya Sebagai Obat Kanker

Tanaman Liar ini Namanya Patikan Kebo, Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan di Percaya Sebagai Obat Kanker

Beragam manfaat kesehatan yang di dapat dari tanaman liar Patikan kebo yang sudah lama dipercaya sebagai obat kanker--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Beragam manfaat kesehatan yang di dapat dari tanaman liar Patikan kebo yang sudah lama dipercaya sebagai obat kanker.

Meski sering dianggap penggang karena merupakan tanaman liar, namun patikan kebo ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan, mulai dari mencegah infeksi bakteri hingga mencegah kanker.

Patikan keno ini banyak tumbuh di daerah yang mempunyai iklim tropis seperti di Indonesia, dan sudah lama dimanfaatkan masyarakat sebagai tanaman obat herbal.

Tanmn dengan nama ilmiah Euphorbia memiliki ciri-ciri berupa batangnya yang berwarna keungunan, serta daunnya yang tumbuh saling berlawanan dan berbentuk lonjong.

BACA JUGA:Ternyata Tumbuhan Ini Namanya Sirih Cina, Banyak Digunakan Sebagai Obat Herbal, Simak Manfaatnya di Sini

Tanaman ini sangat mudah untuk kita jumpai dimana saja, karena patikan kebo bisa hidup ditempat yang kering seperti pekarangan rumah, persawahan, perkebunan, atau tepi jalan raya.

Patikan kebo memiliki sifat antibakteri dan antidiabetes. Selain itu didalam Patikan kebo juga terdapat berbagai senyawa antioksidan, seperti flavonoid, tanin, quercetin, alkaloid, dan saponin.

Sebab itulah patikan kebo banyak digunakan oleh masyarakat sebagai obat herbal untuk beberapa penyakit seperti:

1. Mencegah infeksi bakteri

Sidat antibakteri yang terdapat pada patikan kebo dapat mencegah infeksi bakteri penyebab infeksi, seperti Salmonella typhi, Bacillus subtilis, Pseudomonas aeruginosa, dan Escherichia coli.

BACA JUGA:Dewandaru, Buah Suci Bisa Datangkan Rezeki, Punya Sejuta Manfaat Bagi Kesehatan

2. Meredakan asma

Sudah sejak lama patikan kebo dimanfaat oleh penedrita asma sebagai obat herbal, bahkan tanaman ini juga memiliki nama lain yaitu "tanaman asma" karena sangat berhasiat dalam membantu meredakan gangguan pernapasan.

Kandungan etanol yang terdapat dalam patikan kebo inilah yang berkhasiat untuk meredakan asma. Karena etanol memiliki sifat antiradang yang dapat mengatasi berbagai kondisi peradangan, salah satunya peradangan pada saluran pernapasan.

Sumber: