Wujud Perhatian Terhadap Kesehatan Warganya, Bupati Heri Amalindo Bangun Faskes Hingga 4 Kali Lipat

Wujud Perhatian Terhadap Kesehatan Warganya, Bupati Heri Amalindo Bangun Faskes Hingga 4 Kali Lipat

Bupati PALI Heri Amalindo -dok pali-

PALI, RADARPALEMBANG.COM - Sektor kesehatan menjadi salah satu prioritas dari program Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Dr Ir H Heri Amalindo MM, dalam menjamin kesehatan seluruh warga yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Serepat Serasan.

Keseriusan Bupati Heri Amalindo dalam menjamin kesehatan bagi warganya, Pemerintah kabupaten PALI sejak awal menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) hingga saat ini telah membangun fasilitas kesehatan (Faskes) empat kali lipat dari sebelumnya.

Awal Bupati Heri Amalindo menjabat hanya ada tiga Puskesmas, tapi kini sudah berdiri megah dan lengkap 12 unit fasilitas kesehatan yang tersebar di 5 kecamatan serta di 65 desa sudah ada Poskesdes.

"Saat pertama kali kami menjabat puskesmas hanya ada tiga, namun sekarang sudah ada 12 faskes lengkap dan seluruh desa ada Poskesdes," ungkap Bupati, belum lama ini.

BACA JUGA:Putar Otak untuk Tekan Harga Beras, Bupati Heri Amalindo segera Gelar Operasi Pasar di PALI

Setiap Faskes yang telah dibangun menurut Bupati Heri Amalindo sudah siap melayani kesehatan masyarakat, bahkan Pemkab PALI telah membentuk tim khusus bidang kesehatan.

"Seluruh fasilitas kesehatan sudah siap melayani masyarakat. Ada juga tim khusus yang tugasnya menjemput apabila ada pasien kegawatdaruratan," imbuhnya.

Dalam pelayanan kesehatan  masyarakat pada Faskes yang ada di kabupaten PALI, Bupati menyebut gratis dengan syarat utama KTP.

"Cukup pakai KTP atau KK bisa gratis, namun kalau tidak ada KTP maupun KK nantinya ada Dinas Dukcapil yang mengurus. Yang penting warga itu asal PALI, tunjukkan tempat tinggalnya, Dukcapil yang akan menjemput bola mengurus administrasi kependudukannya," terang Bupati yang dikenal dekat dengan masyarakat itu.

BACA JUGA:Dulang Medali Emas, Asuhan Heri Amalindo Bawa Sumsel Juara Umum Cabor Dayung Popnas 2023

Bupati menegaskan bahwa dengan dibangunnya sarana prasarana kesehatan agar kesehatan masyarakat di kabupaten PALI terjamin tanpa ada kendala saat alami gangguan kesehatan.

"Membangun fasilitas kesehatan sudah menjadi prioritas program kami selain infrastruktur jalan dan pendidikan. Harapannya kedepan, program ini bisa membantu masyarakat terutama yang kurang mampu," harap Bupati.

Sementara itu, Birman Alamsyah M.Kes Plt Kepala Dinas Kesehatan kabupaten PALI mengatakan bahwa 12 fasilitas kesehatan yang saat ini sudah siap melayani masyarakat.

"Ada 9 Puskesmas di kabupatenPALI, yakni Puskesmas Talang ubi, Sungai Baung, Kerta Dewa, Tanah Abang, Simpang Babat, Air Itam, Abab, Tempirai dan Tanjung Baru," kata Birman kepada media ini, Kamis 31 Agustus 2023.

Selain itu, Birman menambahkan bahwa ada tiga rumah sakit yang cukup lengkap fasilitasnya.

BACA JUGA:Sulap Jalanan di PALI jadi Mulus, Bupati Heri Amalindo: Silakan Cek Sendiri Kalau Tidak Percaya

"Yang baru dibangun Pemkab PALI adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) PALI dan Rumah Sakit Pratama di Tanah Abang. Juga ada RSUD Talang Ubi yang terus bersolek menambah fasilitas kesehatan juga meningkatkan pelayanan," tutupnya.(*)

Sumber: