Boleh dan Tidak Boleh Saat Bulan Hantu, Sesuai Jadwal Sembahyang Tionghoa akan Terjadi di Agustus 2023

Boleh dan Tidak Boleh Saat Bulan Hantu, Sesuai Jadwal Sembahyang Tionghoa akan Terjadi di Agustus 2023

Sajian besar saat sembahyang Bulan Hantu pada tradisi masyarakat Tionghoa sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada roh dan arwah.--brightspotcdn.com

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Sesuai dengan jadwal sembahyang masyarakat Tionghoa di tahun 2023, maka pada tanggal 15 bulan 07 tahun Imlek atau tepat Rabu 30 Agustus 2023, adalah Bulan Hantu.

Ada banyak tradisi masyarakat China atau Tionghoa saat datangnya Bulan Hantu ini.

Dikatakan, pintu neraka pada Bulan Hantu akan terbuka lebar, sehingga roh dan arwah akan gentayangan. Karena itu, ada hal-hal yang jadi perhatian khususnya bagi masyarakat Tionghoa selama Bulan Hantu hingga gerbang tertutup kembali.

BACA JUGA:Catat Berikut Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Tahun 2023

BACA JUGA:Jadwal Sembahyang Hari Raya Tionghoa Bulan Agustus 2023, Ada Festival Qi Xi dan Bulan Hantu

Ada banyak cerita atau legenda yang menyebut bahwa selama Bulan Hantu, roh-roh tidak baik akan gentayangan dan mengganggu manusia di bumi. Karena itu, adakalanya, pada Bulan Hantu terjadi kematian atau meninggal secara tak wajar.

Sehingga, pada Bulan Hantu, masyarakat Tionghoa percaya melakukan sembahyang, berdoa, dan persembahan akan memberikan keselamatan.

Selain melakukan sembahyang dan persembahan, masyarakat Tionghoa juga memilki hal-hal yang dianggap boleh dan tidak boleh pada saat Festival Bulan Hantu.

BACA JUGA:5 Tips Menarik Keberuntungan Saat Bulan Hantu di Tradisi Masyarakat Tionghoa Tiba

Pertama untuk hal yang diperbolehkan, seperti  dikutip dari yourchineseastrology.com, adalah melakukan sembahyang, berdoa, dan persembahan.

Bahkan pada tradisi Tinghoa juga digelar beberapa pentunjukan dengan mengudang kerabat. Memberi jamuan besar dengan persembahan makanan yang enak, adalah salah satu bentuk hormat.

Sedangkan hal-hal yang tidak boleh atau tabu di Bulan Hantu, seperti tidak menepuk bahu orang lain, tidak boleh keluar rumah khususnya lansia dan anak-anak.

BACA JUGA:Fakta Festival Bulan Hantu yang akan Dirayakan di Bulan Agustus Sesuai Jadwal Sembahyang Tionghoa

Kemudian, tidak bersiul, tidak menggunakan pakaian atas nama sendiri.
Ada juga mengenai larangan memasak air, dan tidak  melakukan permainan yang sifatnya suprantural.

Sumber: