Sukses, Seminar Digital Society KKN STISIPOL Candradimuka Akt XVII di Desa Galang Tinggi, Banyuasin III

Sukses, Seminar Digital Society KKN STISIPOL Candradimuka Akt XVII di Desa Galang Tinggi, Banyuasin III

mahasiswa KKN STISIPOL Candradimuka Kelompok IV ingin membantu memberikan inovasi kepada masyarakat di Desa Galang Tinggi.-ist-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.

Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi.

Digital society adalah kerangka berpikir mendasar antara interaksi teknologi dengan manusia untuk membuat kehidupan yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Salah satu negara yang paling gencar menerapkan digital society adalah Estonia.

Pemerintah di sana memanfaatkan teknologi digital untuk membantu dan memudahkan warga negaranya mengakses berbagai fasilitas penting seperti kesehatan, keselamatan, pendidikan, dan lainnya.

BACA JUGA:Cara Mudah Daftar PayLater Gojek, Dijamin Langsung ACC, Tanpa Perlu KTP dan Selfie

Semua itu dilakukan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi untuk sekarang dan masa yang akan datang.


mahasiswa KKN STISIPOL Candradimuka Kelompok IV ingin membantu memberikan inovasi kepada masyarakat Desa Galang Tinggi Banyuasin III.-ist-

Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang sudah menerapkan digital society secara perlahan. Tanpa disadari setiap pergerakan masyarakat yang menggunakan gadget merupakan bentuk dari penerapan secara digital.

Melalui gadget masyarakat dapat berkomunikasi dan melakukan aktivitas seperti berbisnis, berbelanja dan transportasi semua dilakukan secara online.

Hal ini membuktikan bahwa keberadaan teknologi yang semakin maju sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA:Program Gojek Swadaya Terbukti Bantu Ratusan Ribu Mitra Driver, Hemat Biaya Opersional Hingga 15 Persen

Salah satu contoh dari penerapan teknologi saat ini yaitu dengan adanya transportasi online seperti GoJek, Grab, dan Maxim.

Keberadaan aplikasi tersebut sangat memudahkan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari khususnya di daerah perkotaan.

Namun, aplikasi tersebut hanya dijangkau di daerah perkotaan saja, di pedesaan seperti Desa Galang Tinggi Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin masih belum terjangkau.

Desa Galang Tinggi merupakan desa terakhir yang berada di Kecamatan Banyuasin III yang mayoritas penduduknya bermata pencarian sebagai petani.

BACA JUGA:Stisipol Candradimuka beri Beasiswa Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi


Desa Galang Tinggi juga merupakan desa yang masih belum merasakan kemajuan teknologi, karena sulitnya akses transportasi yang menyebabkan belum adanya aplikasi online, seperti yang ada di perkotaan.


mahasiswa KKN STISIPOL Candradimuka Kelompok IV ingin membantu memberikan inovasi kepada masyarakat Desa Galang Tinggi Banyuasin III.-ist-

Karena hal ini, mahasiswa KKN STISIPOL Candradimuka Kelompok IV ingin membantu memberikan inovasi kepada masyarakat daerah tersebut untuk dapat merasakan kemajuan teknologi.

Dengan melakukan pendataan dari berbagai mitra UMKM dan beberapa pemuda yang siap dalam membantu mewujudkan kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat yang ada secara digital.

“Setelah melakukan pendataan, kami ingin memperkenalkan inovasi baru yang dilakukan kepada masyarakat bahwa di Desa Galang Tinggi sudah memiliki transportasi online seperti di perkotaan yang bernama Ojek Online Galang Tinggi,” ujar Tian, mewakili mahasiswa KKN STISIPOL Candradimuka Angkatan XVII.

BACA JUGA:Stisipol Candradimuka Dapat Bantuan Bus Sekolah

Lanjutnya, pihaknya juga mengajak beberapa pemuda untuk ikut berpartisipasi sebagai ojek online tersebut yang akan membantu masyarakat dalam kegiatannya sehari-hari dan mudah dijangkau.

Sendy adalah nama salah satu pemuda yang siap menjadi bagian dari ojek online tersebut.

Setelah bertemu sendy dan beberapa mitra UMKM maka lalu berdiskusi dan siap melaksanakan sosialisasi dengan Seminar Digital Society.

“Pada hari Jumat, 4 Agustus 2023 pukul 14.00 WIB – selesai kami mengajak masyarakat untuk hadir dalam sosialisasi tentang ojek online tersebut yang bertema, Inovasi Pengembangan UMKM dan SDM Melalui Ojek Online Berbasis WhatsApp di Desa Galang Tinggi Kecamatan Banyuasin III,” terangnya.

BACA JUGA:Grab dan OVO Donasikan Rp1,5 Miliar Untuk Berbagai Komunitas di Indonesia

Pihaknya mendatangkan salah satu narasumber yang merupakan pemilik atau owner perintis transportasi online yang bernama Ojek Balai.

Didatangkannya owner ojek balai ini untuk memberikan pengalaman serta pelajaran, tentang bagaimana keuntungan dalam menggunakan transportasi online yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Hal ini merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang dapat dirasakan oleh masyarakat pedesaan juga.

Tak hanya mengundang masyarakat setempat, juga mengundang beberapa siswa-siswi dari SMK Negeri 1 Banyuasin III untuk ikut serta dalam kegiatan seminar tersebut.

BACA JUGA:WOW! Ini 6 Aplikasi PayLater Favorit 2023, Cicilan Online Aman Tanpa Kartu Kredit

Meskipun memiliki sedikit kendala tapi antusias masyarakat dan siswa-siswi SMK Negeri 1 Banyuasin III sangat menyenangkan dan memuaskan.

“Tidak hanya siswa-siswi, selama acara berlangsung, Ibu Kepala Desa, Ibu BPD, Bapak-bapak juga ingin berlomba-lomba bertanya tentang ojek online tersebut,” katanya.

Peserta seminar merasa sangat senang dan merasa sangat terbantu dengan kehadiran ojek online ini.

Toha, pemilik Warung Sate Cak Toha turut merasakan manfaat hadirnya ojek online, di mana dapat mempermudah pengantaran pesanan ke masyarakat.

Sumber: