Jemaah Haji Idun Rohim Zen Kloter 20 Embarkasi Palembang Belum Ditemukan, Pencarian Masih Berlanjut

Jemaah Haji Idun Rohim Zen Kloter 20 Embarkasi Palembang Belum Ditemukan, Pencarian Masih Berlanjut

Jemaah haji yang hilang ini diduga terpisah dari rombongannya saat hendak menuju lokasi lempar jumrah, pada 29 Juni 2023 lalu. Pencarian terhadap Idrun masih terus dilakukan.--kemenag.go.id

TANGERANG, RADARPALEMBANG.COM - Jemaah haji bernama Idun Rohim Zen tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 20 Embarkasi Palembang (PLM20) masih belum ditemukan.

Idun adalah jemaah haji asal Sumatera Selatan (Sumsel) dari kabupaten OKI, telah dinyatakan hilang sejak satu bulan lalu, 29 Juni 2023 dan hingga kini pencarian masih terus dilakukan. 

Hal ini ditegaskan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, kepada awak media di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Kamis 27 Juli 2023. 

"Saya sudah perintahkan kepada para petugas terutama bagian linjam (perlindungan jemaah) yang masih ada di sana untuk terus mencari jemaah kita yang masih hilang ini tanpa batas waktu," imbuhnya.

BACA JUGA:3 Jemaah Haji yang Hilang, 1 Jenazah Ditemukan di RS An-Noor Makkah, Berikut Kronologi Penemuan

Pencarian akan terus dilakukan dengan bekerjasama dengan otoritas Arab Saudi.

"Sampai pihak otoritas Arab Saudi yang menyatakan bahwa memang yang bersangkutan sudah tidak bisa ditemukan, baru dihentikan," ujar Menag.

Sebelumnya, terdapat delapan orang jemaah Indonesia yang dinyatakan hilang. Tujuh di antaranya sudah ditemukan. "Tiga orang dinyatakan wafat, dan satu orang masih hilang," tutur Menag.

"Jadi kita terus berikhtiar, berkoordinasi dengan pihak otoritas kerajaan Saudi baik dengan kepolisian, SAR mereka jadi saya minta dicari sampai ketemu," sambungnya.

BACA JUGA: Jemaah Haji Indonesia yang Hilang Berhasil Ditemukan Tanpa Gelang Identitas, Satu Lagi Masih Proses Pencarian

Menag berharap segera ada kabar keberadaan Idun Rohim. "Mudah-mudahan masih hidup. Kalaupun harus terima kenyataan misalnya dalam kondisi wafat kita harus perlakukan dengan baik saya kira itu," imbuhnya.

Seperti diketahui, Idun Rohim diduga terpisah dari rombongannya saat melempar Jumrah Ula, pada 29 Juni 2023 lalu.

Sementara 2 jenazah yang sebelumnya telah ditemukan adalah Niron pada Selasa 11 Juli 2023, setelah hilang selama12 hari.

Niron yang terpisah dari rombongan saat melintasi terowongan yang mengarah ke jamarat ini  ditemukan di RS An-Noor, Makkah. Jenazah Niron sudah disalatkan di Masjidil Haram.

Sumber: