Perayaan Wasiak 2567 Budhis Era/2023, Ini Pesan Penting dari Kemenang dan Gubernur Sumsel?

Perayaan Wasiak 2567 Budhis Era/2023, Ini Pesan Penting dari Kemenang dan Gubernur Sumsel?

Ribuan umat lintas agama menghadiri Dharmasanti Wasiak 2567 Budhis Era/2023 diselenggarakan oleh Walubi Sumsel, Sabtu 17 Juni 2023.-Salamun Sajati/radarpalembang.disway-

BACA JUGA:Kapan Hari Raya Waisak 2023?, Berikut Rangkaian Acara Perayaannya

1. Memperingati hari lahir Pangeran Sidharta di taman Rubini tahun 623 sebelum Masehi.

2. Peringatan Hari pencerahan Sidharta di bawah pohon body pada tahun 588 Masehi.

3. Peringatan Hari wafat Budha Gautama tahun 543 Masehi.

Tahun 1950 di Sri Lanka mengadakan sebuah konferensi tentang persekutuan sedunia untuk memutuskan perayaan Waisak sebagai hari lahir.

BACA JUGA:Sambut Waisak Wihara Dharmakirti Gelar Berbagai Acara

Menurut balai konservasi Borobudur tradisi dari umat Budha Indonesia untuk merayakan hari Borobudur telah dilaksanakan sejak tahun 1929 hingga sampai saat ini.

Sebelumnya perayaan hari Waisak di Borobudur tempat berhenti sejenak ketika perang revolusi kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, perayaan juga tempat berhenti karena ada pemugaran tahun 1973 selama masa pembubaran tersebut perayaan waisak pun dipindahkan ke Candi Mendut.

"Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk dan menjadi satu kesatuan adalah cita-cita yang di imajinasikan bersama-sama," kata Wiswadas.

BACA JUGA:Vihara Maitribhumi Peringati Waisak 2566 BE

Candi Borobudur sebagai salah satu imaji utama bagi identitas bangsa sehingga berhak untuk dimiliki maupun dimanfaatkan oleh seluruh anggota masyarakat sebagai pusat kegiatan usai dibangun pada sekitar abad 9.

"Teruslah meningkatkan kerjasama dengan pemerintah dan ormas-ormas yang lainnya,"kata Wiswadas.

Gubernur Sumatera Selatan dalam hal ini diwakili Asisten III administrasi dan umum Provinsi Sumatera Selatan Kurniawan mengucapkan selamat hari suci waisak kepada seluruh umat Buddha di seluruh Sumatera Selatan.

"Selamat merayakan hari suci waisak hari yang disucikan dan dimuliakan oleh seluruh umat Buddha di dunia,"kata Kurniawan. 

Sumber: