SMPN 9 Palembang Terima 352 Siswa dengan 11 Rombel di Tahun Ajaran 2023/2024

SMPN 9 Palembang Terima 352 Siswa dengan 11 Rombel di Tahun Ajaran 2023/2024

Posko sekretariat PPDB di SMPN 9 Palembang yang ramai dikunjungi oleh para orangtua peserta didik yang mengalami kendala teknis saat melakukan pendaftaran yang dibuka mulai hari ini.-susi yenuari/ radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap 1 tahun ajaran 2023/2024 untuk jenjang SMP negeri se-kota Palembang telah dibuka tadi pagi, Rabu 14 Juni, pukul 07.30 WIB. 

Pendaftaran berlangsung selama tiga hari, 14-16 Juni 2023. Yakni jalur zonasi, dibuka juga jalur perpindahan orangtua dan prestasi tahap 1.

Kepala SMPN 9 Palembang, Hj Komalawaty MPd melalui koordinator PPDB, Budi menjelaskan tahun ini SMPN 9 menerima 352 siswa dengan 11 rombongan belajar (rombel). Daya tampung sekolah masih sama seperti tahun sebelumnya.

Kuota jalur zonasi lebih besar yaitu 50 persen dibanding tahun lalu 30 persen, sedangkan jalur perpindahan orangtua dan prestasi masing-masing 5 persen. Untuk zonasi 176 orang, perpindahan orangtua 17 orang dan prestasi 11 orang.

BACA JUGA:Cek Jalur Paling Berpotensi Lulus Saat Mendaftar PPDB 2023, Pastikan dengan Benar

Bagi yang tidak lulus di tahap 1 bisa mengikuti tes akademik dengan kuota 25 persen dari daya tampung sekolah yakni 88 orang. Tidak ada nilai minimal rata-rata untuk jalur prestasi tahap 2 ini.

"Jumlah kuota kita sesuai dengan Permendikbud. Yang sudah keluar pengumuman adalah jalur afirmasi dengan kuota 15 persen. Kuotanya untuk 53 orang tapi yang mendaftar 18 orang dan yang lulus ada 13 orang,"ujar Budi yang ditemui di posko sekretariat PPDB SMPN 9, tadi.

Senin nanti, orangtua datang ke sekolah langsung membawa berkas dokumen asli yang di upload waktu mendaftar. "Setelah diverifikasi, tinggal menunggu pengumuman,"sambungnya lagi.

Di hari pertama pendaftaran PPDB ini, lanjut Budi, kendala teknis bisa diatasi. "Beberapa orangtua masih bingung dalam menentukan titik koordinat, kemudian juga berkas-berkas yang akan diupload. Alhamdulillah sudah diberikan solusi,"tambahnya.

BACA JUGA:Sekda Kota Palembang Pantau PPDB 2023 Tingkat SMP, Pastikan Semua Transparan

Untuk pendaftarannya silahkan buka di link https://ppdb.palembang.go.id/sign-in

Kemudian daftar dan registrasi akun dengan memasukkan email, password. Lalu di bagian peran pilih 'siswa" dan ketik captcha sesuai petunjuk.

Setelah berhasil lalu masuk aplikasi dan isi biodata siswa.

Selanjutnya muncul pilihan jalur pendaftaran, klik sesuai dengan jalur yang dipilih (jadwal diatur dalam edaran dinas pendidikan kota Palembang). Selanjutnya pemberkasan dokumen hingga tahapan terakhir konfirmasi.

Sumber: