Bekali Calon Wisudawan, UBD Gelar Seminar Pengembangan Karir dan Bursa Kerja

Bekali Calon Wisudawan, UBD Gelar Seminar Pengembangan Karir dan Bursa Kerja

Calon wisudawan UBD hadir memadati ruangan untuk mendapatkan ilmu tentang pengembangan karir dan lowongan kerja.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Membekali calon wisudawan Universitas Bina Darma untuk siap terjun dalam dunia pekerjaan, diadakan kegiatan Seminar Pengembangan Karir dan Bursa Kerja dengan tema ‘Pentingnya Softskill di Dunia Kerja dan Kenali Potensi Diri Demi Karir Bergengsi’, Rabu, 24 Mei 2023.

Sebanyak 293 calon wisudawan hadir memadati ruangan untuk mendapatkan ilmu tentang pengembangan karir dan lowongan kerja, yang disampaikan oleh Bank Mega Syariah KCP Basuki Rahmat dan PT. Rifan Financindo Berjangka.

Kegiatan seminar yang diadakan di Aula Prof.Ir.H. Bochari Rachman, M.Sc (Lantai 6) Kampus Bochari Rachman 1 dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, M Izman Herdiansyah, S.T., M.M., Ph.D.

“Dalam memasuki fase baru dari kuliah ke dunia kerja, kita semua menyadari bahwa dalam era persaingan dengan IT dewasa ini, karakteristik dunia kerja mengalami perubahan yang perlu menjadi perhatian kita semua,” ujarnya.

BACA JUGA:Prof Dr Ir Achmad Syarifudin MSc PU-SDA Raih Gelar Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Sipil dan Lingkungan

Untuk itu, lanjutnya, ia mengajak para peserta seminar untuk fokus dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

“Sebagai dosen, kami mendoakan agar kalian semua sukses dalam mengisi peran sebagai mahasiswa Universitas Bina Darma yang membanggakan,” ucapnya.

Sementara, narasumber yang hadir, Akbar Tri Pratama Rafsanjani S.KM, Branch Manajer Bank Mega Syariah KCP Basuki Rahmat menyebutkan karir adalah suatu bentuk apresiasi yang membutuhkan keyakinan bahwa semua mampu dan dapat meraih keberhasilan.

Hal ini terbukti ujarnya, keyakinan diri dan softskill menjadi kunci utama dalam mencapai kesuksesan di dunia kerja. Sedangkan menurut para ahli, softskill memberikan kontribusi sebesar 80 hingga 90 persen dalam mencapai kesuksesan karir.

BACA JUGA:Pertama di Sumsel, UBD Miliki Program RPL

Selain itu juga, dikatakannya, bekerja dengan tekun, bermain dengan semangat, menjalani pelatihan yang intensif, gigih, setia, jelas, dan peduli, serta mengadopsi pola pikir yang positif dengan menghilangkan sisi-sisi negatif merupakan faktor-faktor penting yang memengaruhi kemajuan karir seseorang.

“Hal ini dikarenakan softskill mencakup berbagai aspek seperti komunikasi, kepemimpinan, kerjasama tim, kreativitas, dan adaptabilitas,” jelasnya.

“Untuk mencapai kesuksesan kita perlu memulai dengan mengupgrade diri, membangun jaringan dan hubungan, belajar, mengikuti pelatihan, memperbaiki kemampuan berbicara di depan umum, belajar kepemimpinan, mengelola waktu dengan baik, serta menjunjung tinggi integritas dan kejujuran,” pungkasnya.

BACA JUGA:UBD dan Poltektrans SDP Palembang Lakukan Penandatanganan MoU

Sementara Eko Budhi Prasetyo, Chief Business Officer PT Rifan Financindo Berjangka menambahkan, karir adalah suatu bentuk apresiasi yang membutuhkan keyakinan bahwa semua memiliki  kemampuan dan dapat meraih keberhasilan. 

Hal ini terbukti bahwa keyakinan diri dan softskill menjadi kunci utama dalam mencapai kesuksesan di dunia kerja. Sedangkan menurut para ahli, softskill memberikan kontribusi sebesar 80 hingga 90 persen dalam mencapai kesuksesan karir.

Kegiatan Seminar Pengembangan Karir dan Bursa Kerja ini bertujuan untuk para calon wisudawan yang akan mengikuti wisuda akhir Mei 2023 mendatang dapat meningkatkan kesempatan untuk berkarir, bersaing di dunia kerja, menambah pengalaman, serta meningkatkan softskill yang dibekali dari pelatihan.(*)

Sumber: