Ayo Bayar Pajak, Ada Penghapusan Denda Pajak Tertunggak, Catat Tanggalnya Berikut

Ayo Bayar Pajak, Ada Penghapusan Denda Pajak Tertunggak, Catat Tanggalnya Berikut

Tangkapan layar dari akun IG @bapendakotapalembang soal keputusan Walikota Palembang tentang penghapusan seluruh denda piutang pajak daerah. --tangkapan layar IG

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kabar gembira untuk warga Kota Palembang yang menunggak pajak. 

Mulai per 2 Mei hingga 30 Juni 2023, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palembang memberlakukan penghapusan denda untuk seluruh pajak yang tertunggak.

Hal ini didasarkan atas Keputusan Walikota Palembang Nomor 157/KPTS/Bapenda/2023 Tentang Penghapusan Sanksi Administrasi Piutang Pajak Daerah Tahun 2023.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, kebijakan penghapusan denda pajak daerah ini untuk seluruh pajak daerah tanpa terkecuali.

BACA JUGA:Bapenda Sumsel Kembali Laksanakan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor dan Launching e-Dempo

"Baik itu denda pajak tertunggak PBB, BPTHB dan pajak-pajak lainnya. Ayo bayar pajak, gunakan kesempatan ini," kata Harnojoyo, Selasa, 2 Mei 2023.

Kebijakan ini juga dibuat kepala daerah untuk melihat sejauh mana tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak.

"Ini kita lakukan untuk mengajak masyarakat membayar pajak, manfaat lainnya untuk meningkatkan pendapatan daerah tahun ini," ujarnya.

Kepala Bapenda Kota Palembang Herly Kurniawan melalui Kepala Bidang PAD Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) Palembang, Betha Yudha Noviandri mengatakan, penghapusan denda pajak untuk seluruh tahun pajak yang tertunggak.

BACA JUGA:Dirjen Pajak Temui Ketum PBNU, Soal Viral Tak Perlu Bayar Pajak

"Jadi WP yang memiliki piutang pajak daerah dibebaskan denda pajaknya cukup hanya membayar pokok pajak saja, Mau tahun berapapun tahun pajak tertunggak yang mau dibayarkan,"ujar Yudha.

Karena itu, untuk Wajib Pajak (WP) yang mau memanfaatkan program ini juga tidak ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi.

"Tidak ada persyaratan khusus, ketika WP bayar pokok pajak tertunggak nya maka secara otomatis dari sistem tidak lagi bayar denda, tentunya selama periode program ini berjalan," jelasnya.

BACA JUGA:Lewat E-Samsat online Warga Sumsel Kini Dapat Melakukan Pembayaran Pajak Kendaraan Kapanpun di Manapun

Sumber: