Viral Pria Tempel Stiker Barcode QRIS Palsu di Masjid, Pengurus DKM Wajib Waspada

Viral Pria Tempel Stiker Barcode QRIS Palsu di Masjid, Pengurus DKM Wajib Waspada

Tangkapan layar pria yang melakukan penempelan stiker barcode QRIS palsu di Masjid Nurun Iman Blok M Square Jakarta Selatan.-ss radarpalembang.disway.id-


JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Waspada dan hati-hati bagi jemaah masjid di mana saja berada, viral video seorang pria menukar stiker barcode QRIS palsu untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Jemaah dan pengurus DKM masjid yang memiliki QRIS, wajib waspada dengan kejadian ini, apalagi saat di bulan suci Ramadhan ini.

Peristiwa yang terekam kamera CCTV di Masjid Nurul Imam, Blok M Square, Jakarta Selatan ini, memperlihatkan, pria bertubuh tinggi dan mengenakan kemeja, secara sengaja menempelkan stiker barcode QRIS atau quick response Indonesia standar palsu.

Video ini berdurasi 0.58 detik, terekam pada Kamis, 6 April 2023, pukul 10.37 WIB.

BACA JUGA:RASULULLAH DAN SEPULUH MALAM TERAKHIR RAMADHAN

Pria di video viral itu tampak dengan santai, mengambil stiker QRIS palsu yang sudah disiapkannya di saku baju.

Sejurus kemudian, dia mendekati kotak amal dan langsung menempelkan stiker barcode palsu tersebut.

Dari gambar yang banyak beredar di media sosial, stiker palsu milik pria itu bertuliskan restorasi masjid, kemudian ada sqan QRIS untuk infaq.

Terdapat juga logo berbagai layanan dompet digital seperti Gopay, Dana, Ovo, Mandiri, Bca, Linkaja, Shopeepay, dan Pospay. Diyakni, mereka yang tercantum di stiker itu tidak ada hubungan sama sekali dengan pelaku.

BACA JUGA:Ramadhan Bulan Meraih Pertolongan Allah

Sedangkan stiker asli milik Masjid Nurul Iman Blok M Square, hanya mencantumkan scan barcode QRIS, dan ada keterangan dicetak oleh Mandiri Syariah,

Dugaan, pelaku bukan hanya beraksi di Masjid Nurul Iman Blok M Squre, sebab ada video lain yang beredar, pria yang sama juga menempel di masjid Kalibata City.

Hanya saja, saat di Masjid Kalibata City, ia tidak menempel stiker di kotak amal, tapi di pintu masjid.

Caranya juga sama, setelah memantau situasi, ia mengeluarkan stiker barcode QRIS palsu dari saku baju, lalu menempelkanya. Setelah itu, dengan santai ia pergi meninggalkan lokasi.

Sumber: