Pj Bupati OKU Buka Pasar Bedug Ramadhan 1444 H, Ciptakan Multiplier Effect

Pj Bupati OKU Buka Pasar Bedug Ramadhan 1444 H, Ciptakan Multiplier Effect

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd secara resmi membuka Pasar Bedug Ramadhan Baturaja, yang menyajikan berbagai menu takjil berbuka puasa bagi masyarakat Bumi Sebimbing Sekundang.-ist-

BATURAJA, RADARPALEMBANG.COM - Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah resmi membuka kegiatan Pasar Bedug Ramadhan 1444 H, di Taman Kota Baturaja, Jalan Gajah Mada Kecamatan Baturaja Timur pada, Kamis, 23 Maret 2023.

Kegiatan ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Pj Ketua TP PKK OKU Hj Zwesty Karenia Teddy, Pj Ketua DWP Wahida Darmawan dan Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXVIII Dim 0403/OKU Septiana Ferizal.

"Pembukaan Pasar Bedug ini menunjukkan agama Islam ini benar-benar rahmatan lil a'lamin, karena agama Islam ini ternyata tidak hanya membawa manfaat dan kebaikan bagi kaum muslimin-muslimat, dengan adanya Pasar Bedug ini semua bisa menikmati baik teman-teman, rekan-rekan atau saudara kita sesama maupun yang non muslim. Semua ikut merasakan dari multiplier effect dari Pasar Bedug ini. Ini salah satu contoh kehadiran agama Islam ini  benar-benar menjadi agama yang rahmatan lil a'lamin," ungkap Teddy.

Selain itu, Teddy meminta kepada para pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan Pasar Bedug, agar jangan menyajikan makanan yang menggunakan bahan-bahan yang mengandung zat kimia yang bisa membahayakan bagi tubuh manusia.

BACA JUGA:Senyum Ramadhan Bersama Rumah Zakat, Berbagi Buka Puasa Hingga Kado Lebaran Yatim

"Silakan menggunakan bahan-bahan makanan yang tidak mengandung unsur-unsur yang membahayakan, terutama pada bahan-bahan pewarna makanan. Itu juga harus dipilih jangan sampai nanti zat warnanya di ambang batas, yang tidak boleh dikonsumsi oleh tubuh manusia. Selanjutnya penggunaan bahan pengawet juga jangan digunakan, kalau bisa karena bahan pengawet ini juga walaupun ada batas-batasannya, namun seyogyanya kalau bisa kita hindari dan jangan digunakan," pintanya.

Lebih lanjut, Tedy meminta agar nantinya para pelaku UMKM setiap lapak untuk bertanggung jawab pada kebersihan masing-masing, karena tempat mereka berjualan merupakan lalu lalang kota, tempat pusat kota dimana akan dilalui oleh masyarakat Baturaja dan sekitarnya.

"Untuk itu, jagalah kebersihan di tempat lapaknya masing-masing. Kalau bisa disiapkan tempat sampah atau kotak sampah di tempat berjualan ini sehingga nantinya kalau ada yang akan dibuang bahan-bahan yang tidak digunakan lagi, bisa dibuang di satu tempat, dan nanti akan diambil oleh petugas kebersihan atau teman-teman dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Selamat menjalankan ibadah puasa pada kita senua," lanjutnya.

Tedy berharap mudah-mudahan multiplier effect yang ditimbulkan dari Pasar Bedug dapat betul-betul meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran para pelaku UMKM, dan juga menggerakkan roda perekonomian yang ada di Kabupaten OKU.

BACA JUGA:5 Ide Jualan Minuman dan Makanan Paling Laris Saat Ramadhan

"Mudah-mudahan pelaksanaan Pasar Bedug ini dapat berlangsung dengan lancar, sukses dan yang penting dapat memenuhi kebutuhan para jamaah, para muslimin-muslimat yang sedang berpuasa. Dan, kami yakin dan percaya di Pasar Bedug ini mungkin banyak sekali makanan-makanan yang tidak kita jumpai pada hari-hari biasa, dan ini mudah-mudahan yang dijual nanti memang betul-betul bisa dimanfaatkan oleh para muslimin-muslimat yang sedang melaksanakan ibadah puasa," ucapnya sambil membuka kegiatan Pasar Bedug 1444 H/2023 M dengan mengucapkan basmallah.

Usai kata sambutan dari Pj Bupati OKU, acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh isteri Pj Bupati OKU, isteri Pj Sekda OKU, isteri Dandim 0403, dan anggota DPRD Hj Indrawati.

Pembukaan kegiatan Pasar Bedug yang dibuka dengan doa dipimpin Ustaz M Ali dari Kankemenag OKU ini, juga dihadiri Pj Sekda OKU, Kapolres, dan Dandim 0403 OKU, Ketua PN Baturaja, Ketua MUI dan Baznas OKU, Camat, Kadin, jajaran di Pemda OKU, Tomas, Toga dan Tamu undangan lainnya. (*)

 

Sumber: