DJPb Provinsi Sumsel Pamerkan 15 UMKM Binaan Kemenkeu

DJPb Provinsi Sumsel Pamerkan 15 UMKM Binaan Kemenkeu

Pameran binaan Kemenkeu RI ini dalam rangka menguatkan peran Kementerian Keuangan di daerah, khususnya terkait pemberdayaan UMKM di Sumatera Selatan.--Doc radarpalembang.disway.id

BACA JUGA:Pemerintah Kembali Tegaskan Menolak Impor Pakaian Bekas Untuk Lindungi UMKM Tekstil Lokal

Selain sisi permodalan, Kemenkeu juga mengedukasi para pelaku UMKM melalui program bimbingan dan perluasan jangkauan pasar.

"Dalam acara ini juga diberikan literasi keuangan supaya masyarakat itu misalnya tidak terjerat pinjol (pinjaman online),"ujar Lidya Kurniawati.

Selain itu, juga ada edukasi soal perpajakan, kemudian pembukuan karena kalau mau melakukan kredit salah satunya harus memiliki pembukuan sederhana dan terakhir yaitu pemasarannya. 

"Khusus pemasaran, kami  membantu perluasan pasar UMKM dengan melibatkan dalam belanja pemerintah melalui aplikasi digipay," kata Lidya Kurniawati.

BACA JUGA:OKI-Jabar Sinergi Percepat Transformasi Digital ASN

Tema Expo UMKM Kemenkeu Sumsel tahun 2023 yaitu Kemenkeu Hadir untuk UMKM di daerah, diikuti satuan kerja Kemenkeu di Sumsel dan bank penyalur KUR seperti BSI, Mandiri, BNI, BRI, Sumsel Babel serta lembaga keuangan bukan bank yaitu PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan PT Pegadaian. 

Selain itu, pada kegiatan ini juga digelar pasar murah yang diperuntukkan bagi masyarakat guna membantu dan stabilkan harga.

Sumber: