Pemenang Oscar 2023 Kategori Animasi, Film Guillermo del Toro's Pinocchio Daur Ulang Kisah Dongeng Boneka Kayu

Pemenang Oscar 2023 Kategori Animasi, Film Guillermo del Toro's Pinocchio Daur Ulang Kisah Dongeng Boneka Kayu

Sutradara Film Guillermo del Toro's Pinocchio peraih Oscar 2023 Guillermo del Toro ---- antara

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Film Guillermo del Toro's Pinocchio menjadi pememang Oscar 2023  untuk kategori animasi fantasi. 

Mengutip dari Antara Film Guillermo del Toro's Pinocchio diumumkan sebagai pemenang Oscar diumumkan dalam Academy Awards ke-95, Pada Minggu, 12 Maret 2023 di Dolby Theatre, Ovation Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat. 

Flim Animasi yang bergenre fantasi musikal itu bercerita tentang  boneka kayu  bernama Pinocchio yang berkeinginan menjadi laki-laki sejati. Bertindak sebagai pengasuh boneka seorang pemahat bernama Geppetto. 

BACA JUGA:Jadi Film Tersulit Keanu Reeves, John Wick: Chapter 4 Tayang 23 Maret 2023

Dan memang ide dasar pembuatan dari film itu  terinsipirasi dari novel klasik Italia berujudul  The Adventures of Pinocchio karangan Carlo Collodi. Novel itu terbit dan beredar pada tahun 1883. 

Sutradara Guillermo del Toro, berhasil menata kembali kisah klasik dalam novel itu. Dia sukses menghadirkan film   garapannya dengan latar belakang Italia pada era fasisme.   

Pada era antara perang Duania I dan Kedua, di Italia memang fasisme berkembang sangat kuat. Kepiawaian sutradara menghadirkan latar itu, membuat film animasi  musikal itu menjadi hidup . 

Sutradara mampu membawa penonton ke era klasik dan sauasana kehidupan Italia  zaman Lampau.  Itulah yang membuat film itu mendapat perhatian publik dan dewan juri Oscar 2023 di Academy Award. 

BACA JUGA:Proyeksi Pendapatan Film Ant-Man and the Wasp: Quantumania Bisa Tembus Rp 3,8 Triliun

Film Guillermo del Toro's Pinocchio mengalahkan  Marcel the Shell With Shoes On dari A24 dan Turning Red" dari Walt Disney Co. Padahal kedua film itu sangat popular dan banyak digemari penonton.  

Guillermo del Toro selaku sutradara Film Guillermo del Toro's Pinocchio, bukan orang sembarangan di dunia film. Sutradar asal meksico itu Del Toro sudah beberapa kali meraih Piala Oscar.

Pada ajang Oscar 2028, di berhasil meraih sustradara dan film terbaik di Academy Award, dengan judul The Shape of Water. 

Kisah Dongeng Boneka Kayu Pinocchio  

Kisah Pinocchio  sangat lendaris. Kutipannya sangat legendaris dan masih hidup sampai sekarang. ‘’Jika kamu berani, jujur, dan tidak egois, maka suatu saat nanti, kamu akan menjadi manusia sesungguhnya." 

Sumber: