Bank Sumsel Babel Perkuat Klaster Sentra Kampung Jamu Lorong Bintara

Bank Sumsel Babel Perkuat Klaster Sentra Kampung Jamu Lorong Bintara

Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin saat berkunjung ke Kampung Jamu di Lorong Bintara, Selasa 7 Maret 2023.-Salamun Sajati/radarpalembang.disway-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin mengunjungi sentra kampung jamu di Lorong Bintara Rt 16 Rw 05 Kelurahan Kuto Batu Kecamatan Ilir Timur 3, Palembang.

Kunjungan ke Lorong Bintara yang dilakukan Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin bersama jajaran kantor cabang Palembang, Selasa 7 Maret 2023. 

Ternyata, mitra binaan Bank Sumsel Babel Cabang Palembang di Lorong Bintara Rt 16 Rw 05 Kelurahan Kuto Batu Kecamatan Ilir Timur 3 sudah lama menjadi sentra kampung jamu di Palembang. 

Hal ini diungkapkan koordinator komunitas Jamu Bintara, Dian Lestari Eka Wati, kepada Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin.

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Raih The Best Overall Performance

“Sejak tahun 1983, para pembuatan jamu sudah bermukim disini, memang pembuat jamu tersebar di Palembang namun di Lorong Bintara merupakan terbanyak,”kata Dian Lestari Eka Wati. 

Dalam catatan, Dian Lestari Eka Wati ada 100 kepala keluarga pembuat jamu, dimana 23 KK diantaranya berdomisi di Lorong Bintara. 

Dan memang, tidak semua warga yang tinggal di Lorong Bintara merupakan pembuat jamu, ada juga usaha lainnya. 

Sebagai salah satu sentra usaha di Kota Palembang, Bank Sumsel Babel terus berkomitmen untuk membantu para pelaku UMKM di Sumsel dan Babel agar bisa naik kelas. 

BACA JUGA:Program PESIRAH Super Grand Prize Sumbang DPK Bank SumselBabel Hingga 50 Persen

Bantuan yang diberikan Bank Sumsel Babel ke pelaku usaha di Lorong Bintara, Palembang yakni melalui Kredit Usaha Rakyat.

Melalui fasilitas Kredit Usaha Rakyat atau KUR, Bank Sumsel Babel membantu para pedagang jamu di Kampung Jamu Lorong Bintara mendapatkan akses permodalan untuk mengembangkan usahanya. 

Hasilnya, Bank Sumsel Babel di Lorong Bintara Palembang berhasil membantu usaha 23 pedagang untuk mengembangkan produk jamunya dengan berbagai inovasi. 

Keberhasilan tersebut, tak hanya jamu gendong, kini jamu juga dijual dalam kemasan botol hingga masuk ke salah satu cafe di Palembang dari pembinaan yang dilakukan Bank Sumsel Babel.

Sumber: