Siapa Aktor Dibalik Penundaan Pemilu 2024? Feri Amsari: Orang Sedang Nafsu Berkuasa

Siapa Aktor Dibalik Penundaan Pemilu 2024? Feri Amsari: Orang Sedang Nafsu Berkuasa

Feri Amsari, Pakar Hukum Tata Negara dari Unand Padang , bicarakan aktor agar Pemilu 2024 ditunda. --twitter/@feriamsari

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Pakar Hukum Tanan Negara dari Universitas Andalas (Unand) Padang Feri Amsari, konsisten dengan pendapatnya penudaan Pemilu 2024 adalah inkonstitusional. 

Feri Amsari menyampaikan pandangannya itu terkait putusan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat yang memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunda Pemilu. 

Dalam sebuah video singkat yang diunggahkan oleh pemilik akun twitter @TajukPolitik , Feri terlihat sedang berdiskusi dan menjadi nara sumber  dalam pembahasan isu penundaan Pemilu 2024.

BACA JUGA:Ini Jadwal Pemilu 2024 Dalam PKPU No 3 2023, Putusan Hakim Pemilu Ditunda 2 tahun, SBY Beri Peringatan Keras

Dalam video itu, Feri mempertanyakan sejak kapan adanya teori penundaan pemilu. Menurutnya, dalam UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, tidak ada frasa dan istilah tentang penundaan pemilu. 

Dalam UU itu yang ada adalah pemilu lanjutan dan pemilu susulan.  Jika di suatu wilayah tertentu karena kondisi memaksa seperti bencana alam, istilah yang dipakai adalah Pemilu Susulan. 

Bilamana proses pemilu (pemungutan suara) sedang berlangsung  terjadi gangguan dan tidak memungkinkan pemungutan suara dilanjutkan, maka istilah yang dipakai dalam UU itu adalah pemilu lanjutan. 

BACA JUGA:Putusan Sensasional Hakim PN Jakpus, Selaras Dengan Keinginan Penikmat Kekuasaan Agar Pemilu 2024 Ditunda

‘’Hal itu menegaskan bahwa dalam kondisi apapun  pemilu harus tetap jalan.  Makannya saya bertanya sejak kapan ada teori penundaan pemilu,’’ujarnya. 

Dalam video itu Feri juga sempat membahas dan membicarakan tentang orang yang berada di balik upaya Penundaan Pemilu 2024. 

‘’Lalu siapa orangnya? Ya orang yang sedang bernafsu berkuasa,’’ujar Feri seperti menjawab pertanyaan dari peserta diskusi.  Bersamaan dengan Feri mengemukakan jawabannya itu, terdengar suara orang tertawa 

BACA JUGA:Putusan Aneh Tunda Pemilu,Rekam Jejak Hakim PN Jakarta Pusat,T Oyong Pernah Vonis Ringan Terdakwa Pembunuhan

Siapa orang yang sedang bernafsu berkuasa itu? Ya pasti mereka yang sedang menjadi penikmat kekuasaan saat ini. Mereka bisa saja ada dalam dan di luar pemerintahan. 

Sementara lewan akun twitternya sendiri @feriamsari  menuliskan pendapatnya secara tegas bahwa penundaan pemilu 2024 adalah inkonstitusioal.  

Sumber: