Gubernur Sumsel Gaspoll Ubah Mindset Wujudkan Kemandirian Pangan

Gubernur Sumsel Gaspoll Ubah Mindset Wujudkan Kemandirian Pangan

Gubernur Sumsel Herman Deru hadiri “Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi” dengan tema “Meningkatkan Produksi dan Produktivitas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), menuju Sumsel Maju Untuk Semua Tah-humas prov sumsel-

Mereka diharapkannya tidak hanya menyuarakan GSMP namun memberikan contoh dengan membentuk wilayah-wilayah binaan.

Jika ini betul-betul akan banyak wilayah binaan yang terbentuk, karena jumlah P2EP ini hampir 2000 orang yang sudah direkrut. 

BACA JUGA:Safari Jumat Gubernur Sumsel Resmikan Menara Al-Ikhlas

 

Meski baru sekitar 2 tahun diluncurkan, gerakan ini telah memberikan hasil menggembirakan. Sumsel tak hanya masuk sebagai 10 Provinsi terbaik dalam pengendalian inflasi.

Namun baru-baru ini Sumsel juga berhasil menurunkan angka stunting yang sangat signifikan.  

"Itu artinya virus kemandirian ini sudah menyebar. Jadi tak ada pilihan lain lagi kecuali kita harus gaspoll, mengubah mindset ini," paparnya.  

Selain mendorong P2EP mengajak masyarakat untuk memasifkan GSMP, untuk mewujudkan kemandirian pangan Sumsel P2EP menurutnya juga harus mengedukasi para petani Sumsel memiliki jiwa entrepreneurship.

BACA JUGA:Percepatan Pembangunan Infrastruktur ketenagalistrikan, PLN Didukung Penuh Kemenko Marinves RI dan Gubernur Bengkulu

 

Sehingga mereka tidak lagi menjadi buruh di tanah mereka sendiri.  
"Simpulnya P2EP ini adalah acuan petani. Mau soal pupuk, soal produktivitas, soal perbankan sampai soal harga produk pertanian, para petani dapat bertanya dan mengkonsultasikan semuanya ke mereka," jelas Herman Deru.  

Saat ini menurutnya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah melakukan berbagai upaya untuk dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi agar program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan mesyarakat tetap berjalan dengan baik.

Sementara itu, Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe mengatakan sangat berterimakasih dengan kunker Gubernur Sumsel ke Kota Lubuk Linggau. Adanya berbagai kegiatan seperti launching Calender of Event Sumsel 2023 dan Raker dan Sinkronisasi membuat perekonomian dan pariwisata Lubuk Linggau bergeliat.  

Menurutnya tidak berlebihan Pemprov mengadakan Raker ini di Kota Lubuklinggau. Karena meskipun Kota ini banyak memiliki bangunan perkotaan namun mereka jiga masih memiliki lahan pertanian yang memadai.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Herman Deru Raih Penghargaan BKKBN RI

Sumber: