Gubernur Sumsel Gaspoll Ubah Mindset Wujudkan Kemandirian Pangan

Gubernur Sumsel Gaspoll Ubah Mindset Wujudkan Kemandirian Pangan

Gubernur Sumsel Herman Deru hadiri “Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi” dengan tema “Meningkatkan Produksi dan Produktivitas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), menuju Sumsel Maju Untuk Semua Tah-humas prov sumsel-


SUMSEL, RADARPALEMBANG.COMGubernur Sumsel Herman Deru mengajak warga kompak dan gaspoll mengubah mindset ini agar segera dapat mewujudkan kemandirian pangan di Sumsel.  

Ajakan itu diutarakannya saat menghadiri “Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi” dengan tema “Meningkatkan Produksi dan Produktivitas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), menuju Sumsel Maju Untuk Semua Tahun 2023” di Hotel Grand Zuri Lubuk Linggau, Minggu, 26 Februari 2023.  

Menurut Gubernur Herman Deru Sumsel sangat didominasi sektor pertanian. Hal inilah yang menginspirasinya untuk mengeksplore semua yang berkenaan dengan pertanian termasuk mengajak warga melalukan gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).  

Gagasan meluncurkan GSMP itu bukan sekedar melanjutkan cita-cita pendiri bangsa yang menginginkan kedaulatan pangan.  

BACA JUGA:Lagi, Gubernur Sumsel “Terjang” Jalan Tanah Berlumpur

 

"Selama ini kita berkutat meningkatkan produksi beras, jagung dan ubi. Tapi kita tidak fokus pada pendamping karbo ini," jelasnya.  

Padahal banyak SDM yang mau dan mampu menggerakkan warga untuk mewujudkan kemandirian pangan di lingkungan keluarga. Namun hal ini kadang terkendala belum banyaknya sosok yang mempelopori gerakan tersebut atau mengajak masyarakat mulai bergerak melakukan GSMP.  

"Padahal ini tidak seberat waktu pemerintah menggalakkan program KB. Luar biasa yang dilakukan pemerintah pusat untuk mensukseskan program itu. Butuh pemahaman ke warga bahwa  menyegerakan kesejahteraan itu dibutuhkan pengaturan kelahiran. Banyak penolakan waktu itu," jelasnya.  

Meski tak mudah, Herman Deru tetap mengajak masyarakat bersama berjuang mengubah mindset dari yang bisanya cuma membeli jadi menghasilkan sendiri. Sehingga jika terjadi kenaikan kebutuhan seperti cabai, bawang dan lainnya masyarakat tak perlu lagi panik.

BACA JUGA:Daftar 6 Proyek yang Diresmikan Gubernur Sumsel Hari Ini

 

"Kenapa panik? karena selalu berpikir membeli. Coba setiap keluarga berpikir menghasilkan pasti tidak panik lagi," ujarnya.  

Untuk memasifkan gerakan ini, Gubernur Herman Deru menaruh harapan besar pada optimalisasi kinerja tenaga Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (PPEP) melalui unjuk kerja dan kinerja inovasi. 

Sumber: