Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dukung Sertifikasi Halal di Dapur Lapas dan Rutan

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dukung Sertifikasi Halal di Dapur Lapas dan Rutan

Kunjungan LLPOM MUI Sumsel yang diterima langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel terkait sertifikasi ketetapan halal di dapur dan rutan. --sumeks.co

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Sumatera Selatan (Sumsel), Dr. Ilham Djaya, menerima audiensi Ketua Lembaga Pengkajian Pangan, Obat Obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Sumatera Selatan, pada Jumat 24 februari 2023. 

Ketua LPPOM MUI Sumsel, Sugito pada kesempatan tersebut mengatakan tujuan dari audiensi terkait rencana MoU Sertifikasi Ketetapan Halal pada dapur Lapas/Rutan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel

Pengkajian sertifikasi halal pada dapur Lapas/Rutan ini telah diterapkan di Rutan Kelas I Palembang.

"Kami sudah melakukan pengeluaran fatwa ketetapan halal yang nantinya akan dilanjutkan dengan proses sertifikasi halal oleh Kemenag,” ungkap Sugito.

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Sumsel Akan Rehabilitasi 520 Napi Kasus Narkoba di Tahun 2023

Sugito sangat mengharapkan sertifikasi halal ini untuk dapat diterapkan di seluruh Lapas/Rutan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

"Untuk itu kami mohon kerja sama dari Kakanwil agar lebih memudahkan kami dalam pengkajian sertifikasi halal tersebur," lanjutnya.

Atas paparan itu, Kakanwil Ilham Djaya sangat mengapresiasi dan mendukung rencana tersebut.

“Saya sangat setuju karena ini merupakan niat yang sangat baik. Kita harus mempercepat pelaksanaan MoU agar semua dapur pada Lapas/Rutan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel dapat segera memperoleh ketetapan halal," sambut Ilham Djaya, dikutip dari sumeks.co

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Dorong Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Lebih lanjut, Kakanwil Ilham Djaya mengharapkan bahwa ke depannya bukan hanya dapur saja yang mendapatkan sertifikasi halal, akan tetapi kantin yang berada di Lapas/Rutan juga harus dilakukan pengajian ketetapan halal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Subbidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan, dan Rehabilitasi, I Wayan Tapa Diambara.

 

Sumber: