Harapan Presiden Jokowi di Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah 2023, Lahirkan Agenda Besar Pembaharuan

Harapan Presiden Jokowi di Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah 2023, Lahirkan Agenda Besar Pembaharuan

Presiden Joko Widodo saat membuka Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah Sport & Conventions Center di Balikpapan, Rabu 22 Februari 2023. ----kemenag

‘’Maka dari itu, saya berharap dalam muktamar  2023 ini, pemuda Muhammadiah melahirkan agenda besar untuk pembaharuan demi kemajuan bangsa dan negara.’’ 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Berikut Ini Bocoran Nama-Nama Calon Gubernur Bank Indonesia

Presiden memaparkan, Indonesia memiliki syarat untuk menjadi negara maju. Salah satunya jumlah penduduk dan bonus demografi. 

Tidak hanya itu, Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Indonesia juga merupakan modal utama untuk melangkah dan terus menjadi negara maju. 

‘’Kita, Indonesia saat ini sebagai negara berkembang. Predikat negara maju harus kita gapai dengan cara apa pun. Kita kerahkan segala sumber daya yang ada,’’tukasnya. 

Saat memberikan sambutan, Presiden Jokowi berulang kali menyampaikan  dan menekankan penyiapan SDM. Pasalnya, hanya dengan SDM yang andal Indonesia dapat menjadi negara maju. 

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel MoU 17 Pemda dan DPRD Soal Pembentukan Regulasi Daerah

Jokowi pun mencontohkan Korea Selatan  yang tidak terlalu memiliki SDA. Akan tetapi negara itu dapat maju karena SDM-nya yang mumpuni. 

SDM Korea Selatan mampu menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan perusahaan besar di dunia. Salah satunya, digital component. 

Sementara itu, Taiwan mampu menciptakan dan memproduksi chip yang dibutuhkan oleh semua negara besar.  ‘’Kita juga bisa seperti mereka jika para pemuda kita siapkan dengan matang,’’pungkasnya. (yui)

Sumber: