Permudah Pencarian Arsip, Pemkot Palembang Luncurkan Aplikasi Srikandi

Permudah Pencarian Arsip, Pemkot Palembang Luncurkan Aplikasi Srikandi

Pemkot Palembang Luncurkan Aplikasi Srikandi. Selasa, 14 Februari 2023--sumeks.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Bertempat di rumah dinas Walikota Palembang, H Harnojoyo secara resmi melaunching penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di lingkungan Pemerintah Kota Palembang.

Dikutip dari sumeks.disway.id, Walikota Palembang H Harnojoyo mengharapkan dengan telah di terapkanya aplikasi Srikandi ini nantinya tidak ada lagi arsip atau berkas yang tercecer.

"Kita telah melaunching untuk menerapkan aplikasi Srikandi di Pemkot Palembang. Saya rasa dengan adanya Srikandi ini, tidak ada lagi arsip kertas berceceran, semua terdata secara online," kata Harnojoyo, Selasa, 14 Februari 2023.

Lebih lanjut dikatakan Harnojoyo, penggunaan aplikasi Srikandi sebagai penataan arsip yang sistematis dengan tujuan untuk mempermudah pencarian arsip dalam waktu yang cepat, tepat, dan optimal, serta tercantum pada sistem online yang dapat diakses kapan pun.

BACA JUGA:Sungai Lais dan Palembang Timur Kekurangan Air Bersih, Pemkot-Pelindo Bangun Intake PDAM di Lahan 1,5 Hektar

"Pemerintah meluncurkan aplikasi ini sebagai bentuk upaya untuk mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik atau online," jelasnya.

Menurut Harnojoyo aplikasi Srikandi ini dapat berguna dan sangat penting dalam bebagai hal , semisal sejarah dan ilmu pengetahuan bagi generasi yang akan datang.

"Ini sangat penting, maka kita harus betul-betul menjaga dengan baik dengan cara seluruh arsip Palembang akan masuk aplikasi Srikandi, namun secara bertahap," ucapnya.

Sementara itu Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Desi Pratiwi, menjelaskan kalau Aplikasi Srikandi diluncurkan Pemerintah sebagai aplikasi umum bidang kearsipan.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Tunda Kenaikan Tarif Tirta Musi

"Srikandi dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan yang terpusat secara online dan terintegrasi dari tingkat daerah hingga tingkat pusat," tutur Desi.

Ditambahkan Desi Aplikasi Srikandi merupakan hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Aplikasi Srikandi sebagai bentuk upaya Pemerintah dalam meningkatkan kinerja, produktivitas, efektivitas, untuk mempermudah pekerjaan serta bermanfaat dalam mewujudkan pengelolaan arsip yang baik dan profesional," tukasnya.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di sumeks.disway.id dengan judul "Wako Palembang Launching Aplikasi Srikandi, Permudah Pencarian Arsip"

Sumber: sumeks.disway.id