XL Axiata Perluas Pelanggan di Kalimantan, di 2022 Bangun 1.100 BTS

XL Axiata Perluas Pelanggan di Kalimantan, di 2022 Bangun 1.100 BTS

Petugas XL Axiata memeriksa jaringan di Kalimantan guna melancarkan jaringan 4G.--doc radarpalembang.disway.id

PONTIANAK, RADARPALEMBANG.COM – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dalam setahun terakhir atau sepanjang 2022 lalu sudah menambah lebih dari 1.100 BTS 4G di seluruh wilayah Kalimantan.

Angka BTS yang dibangun XL Axiata tersebut meningkat sebesar 42 persen YoY dan kini, lebih dari 50 persen BTS XL Axiata sudah terfiberisasi.

Ekspansi XL Axiata di Kalimantan terkait perluasan jumlah pelanggan di wilayah yang akan dijadikan ibu kota negara baru tersebut.

Saat ini, infrastruktur jaringan XL Axiata di seluruh Kalimantan diperkuat oleh kabel fiber optic yang jalurnya membentang sepanjang lebih dari 9.300 kilometer. 

BACA JUGA:XL Axiata Ganti Kode UMB, Silahkan Cek Disini

Jalur fiber optic yang menjangkau ke lima provinsi di Kalimantan ini menjadi tumpuan bagi jaringan infrastruktur XL Axiata serta menghubungkannya dengan pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, dan Sulawesi. 

Dalam tiga tahun terakhir, XL Axiata berfokus memperluas jaringan di luar Jawa, termasuk melakukan ekspansi jaringan data secara masif di Pulau Kalimantan. 

Langkah strategis ini perlu dilakukan mengingat permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data XL Axiata terus meningkat. 

Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Jumat 10 Februari 2023 mengatakan dalam setahun, trafik XL Axiata di seluruh Kalimantan meningkat hingga 29 persen.

BACA JUGA:Jelang 1 Abad NU, XL Axiata Upgrade Layanan 7 Kecamatan di Sidoarjo

Dan juga, XL Axiata berkomitmen mendukung program pemerintah dalam upaya pemerataan akses internet hingga ke pelosok area, termasuk di calon Ibukota Negara (IKN). 

Apalagi, I Gede Darmayusa menambahkan, sejak pemerintah resmi menetapkan calon Ibukota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. 

XL Axiata secara bertahap terus menyiapkan pembangunan infrastruktur dan ekosistem jaringan di wilayah IKN. 

XL Axiata berkomitmen mendukung pembangunan IKN dengan menyediakan jaringan telekomunikasi dan data yang disesuaikan dengan kebutuhan serta perkembangan pembangunan di sana.

Sumber: