XL Axiata Ganti Kode UMB, Silahkan Cek Disini

XL Axiata Ganti Kode UMB, Silahkan Cek Disini

Staf XL Axiata memperlihatkan cara ketik kode UMB, dimana per 1 Februari 2023 layanan UMB XL Axiata berganti nomor.--Doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan perubahan akses atau ganti kode USSD Menu Browser (UMB) layanan pelanggan yang selama ini menggunakan 123.

Perubahan atau ganti kode UMB dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) ini efektif mulai berlaku mulai 1 Februari 2023. 

Bagi pelanggan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan sosialisasi ganti kode UMB ini, terus menerus selama masa transisi 1 Februari – 1 April 2023.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui berbagai sarana komunikasi untuk sosialisasi ganti kode UMB kepada pelanggan karena pengguna UMB juga masih cukup besar. 

BACA JUGA:Jelang 1 Abad NU, XL Axiata Upgrade Layanan 7 Kecamatan di Sidoarjo

Migrasi ini berdasarkan Peraturan Menteri (PM Kominfo) No 5 Tahun 2021 yang mengatur bahwa akses USSD untuk layanan pelanggan menggunakan USSD *8XY#.

Chief Marketing Officer XL Axiata, Alfons Eric Bosch Sansa, Minggu 5 Februari 2023 mengatakan XL Axiata senantiasa mematuhi regulasi yang berlaku, termasuk terkait penggunaan USSD. 

USSD atau Unstructured Supplementary Service Data merupakan suatu protokol khusus yang digunakan untuk komunikasi singkat dari ponsel pengguna ke penyedia layanan operator selularnya. 

Layanan USSD umumnya digunakan pengguna untuk melakukan permintaan (request atau pull) informasi tertentu pada pihak operator dengan format yang telah ditentukan. 

BACA JUGA:XL Axiata Bantu Korban Banjir di Kabupaten Pidie

Migrasi ini hanya sebatas berganti kode UMB saja, tidak ada perubahan lain dalam menu-menu di dalamnya, jadi hanya perpindahan dari *123# menjadi *808#. 

"Upaya sosialisasi ganti kode UMB ini kami laksanakan secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan yang terkait, terutama pelanggan, melalui berbagai saranan komunikasi, termasuk media sosial,"kata dia.

Menurut Alfons, layanan pelanggan UMB selama ini digunakan oleh pelanggan untuk pengecekan saldo pulsa, kuota paket ataupun pembelian produk dan layanan XL Axiata. 

Saat ini meskipun pembelian produk dan pengecekan pulsa juga tersedia di aplikasi myXL dan AXISnet, tetapi ternyata masih cukup banyak pelanggan yang tetap menggunakan UMB tersebut. 

Sumber: