Herman Deru Sangat Optimis GSMP Capai Kedaulatan Pangan, Ini Alasannya

Herman Deru Sangat Optimis GSMP Capai Kedaulatan Pangan, Ini Alasannya

Penandatanganan nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank Sumsel Babel dengan 15 Kepala Daerah Pengguna Aplikasi FMIS (CMS) dan BPKP bertempat di Hotel Santika Premiere.-humas prov sumsel-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM -  Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman,  Salamat Simanullang  menuturkan pihaknya akan menjalankan  fungsi pengawasan  BPKP bersama Inspektorat Provinsi mengawal keberhasilan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

“Fokus agenda pengawasan BPKP atas GSMP melakukan pendampingan  aspek pengadaan barang dan jasa. Selain itu   melakukan evaluasi atas capaian GSMP mencakup kebijakan yang berkaitan dengan tata kelola GSMP tahun 2022-2023 dimulai dari proses perencanaan, sosialisasi, identifikasi, strategi, implementasi pendampingan hingga monitoring dan evaluasi. 

Kemudian akuntabilitas kinerja dan keuangan pelaksanaan GSMP, serta kebermanfaatan dan dampak pelaksanaan  GSMP,” paparanya, Rabu, 1 Februari 2023.

BACA JUGA:Daftar Daerah di Sumsel yang Sesuai Standar Pelayanan Publik

 

Salamat mengatakan, pengawalan tata kelola GSMP sangat krusial guna memastikan tujuan pembangunan daerah. Untuk itu dibutuhkan penguatan dan kolaborasi pengawasan Pemprov Sumsel, APIP se- Sumsel, pelaku usaha dan APH, serta BPKP.

“Untuk membangun kolaborasi dimaksud, pelaksanaan Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Selatan pada hari ini diharapkan akan mampu memberikan arahan yang jelas bagi seluruh elemen yang terlibat mulai dari tahap perencanaan dan penganggaran, mengidentifikasi risiko atau permasalahan, isu-isu strategis ketahanan pangan,” tambahnya.   

Dia berharap Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP) mampu berkolaborasi  dan bersinergi dalam pengawasan intern mengawal  GSMP.

“Kita patut dukung program Gubernur Sumsel dalam  upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim maupun peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan sumber daya manusia,” tandasnya.

BACA JUGA:Semen Baturaja Ajak 32 Produk Binaan Ramaikan Bazar UMKM untuk Indonesia 2023

 

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus memasifkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dengan  mengandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumsel yang  ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank Sumsel Babel dengan  15 Kepala Daerah Pengguna Aplikasi FMIS (CMS) dan BPKP bertempat di Hotel Santika Premiere.

Gubernur Provinsi Sumsel H Herman Deru dalam arahannya menegaskan, GSMP yang telah dicanangkan memberikan raport baik bagi  terkendalinya inflasi daerah, terbukti Provinsi Sumsel masuk sepuluh besar provinsi terbaik dalam  pengendalian inflasi di Indonesia.

“Maka komitmen kita bangun secara formal,  karena ini melibatkan kinerja kepala daerah di 17 kabupaten/kota, kami mohon bimbingan BPKP jangan sampai ini tidak efektif,” harapnya.   

Sumber: