Pasca Imlek, Harga Emas Masih Tinggi, Bisa Tembus Rp 6 Juta per Suku

Pasca Imlek, Harga Emas Masih Tinggi, Bisa Tembus Rp 6 Juta per Suku

Seorang pembeli saat memilih perhiasan yang akan dibeli di salah satu toko emas, meskipun harga emas masih tinggi tapi tetap ramai pembeli.--rakyat bengkulu.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG. COM - Pasca perayaan tahun baru Imlek pada Minggu 22 Januari 2003 tadi, belum berpengaruh pada harga emas perhiasan di kota Palembang.

Bahkan di sepanjang kawasan Dika Shopping Center, salah satu pusat perbelanjaan, sejumlah toko emas masih banyak yang tutup. 

Pantauan dari radarpalembang.com harga emas masih untuk perhiasan 24 karat masih tinggi, dikisaran Rp 5.550.000 hingga bisa tembus Rp 6.000.000 berat 6,7gram atau per sukunya, kadar emas 92 persen. 

Harga emas ini sama seperti harga jual sebelum imlek. 

BACA JUGA:Semarak Perayaan Imlek di Remington Hostel dan Resto Cafe Palembang Selama 3 Hari, Tamunya Pejabat Tinggi

Misalnya di Toko Emas Laris yang selalu ramai antrian pembeli. Untuk harga 1 sukunya dijual Rp 5.550.000. Harga ini diprediksi bakal naik lagi dalam seminggu ini.

"Awal bulan tadi beli kesinii, harga 1 sukunya Rp 5.530.000. Kadar 92 persen. Sudah langganan disini,"ujar Penti yang mengaku harga emas di toko ini agak miring dibandingkan toko emas lain.

Sudah itu kalau kita mau jual cuma dipotong upah, harga sesuai harga pasar terbaru. Kalau 1 suku dipotong upah Rp 200ribu, kalau setengah suku potongan upah Rp 100 ribu,"jelasnya sambil menunggu antrian. 

Tidak hanya terlihat di toko emas Laris, banyak juga toko emas lainnya yang ramai pembeli. Sebut saja toko emas cemerlang dan Apollo. Cincin, kalung dan gelang yang ditawarkan lebih disukai model-model terbaru. 

BACA JUGA:5 Chinatown Terkenal di Indonesia, Wajib Dikunjungi Saat Imlek, Serasa Berada di Tiongkok

Harga perhiasan emas 24K di Kota Palembang, masih cukup tinggi. Sejak Juli hingga Desember 2022 berada pada posisi hingga Rp5,3 juta per suku.

Selain emas perhiasan 24K, para pembeli yang didominasi kelompok ibu-ibu, banyak juga yang membeli emas kadar rendah yang  dijual di basement pasar 16 Ilir.

Emas kadar rendah atau sering disebut emas muda itu dijual dengan harga bervariasi mulai harga Rp 450 ribu per gram hingga Rp 500 ribu per gram. Tergantung dari pilihan emasnya. 

Seperti di toko emas Singgalang dan toko emas sinar baru.

BACA JUGA:Cuaca Terang Saat Perayaan Imlek di Palembang, Cap Go Meh 2023 Tanggal Berapa? Cek Infonya Disini

"Untuk emas kadar muda ini ada yang 300persen, 375 persen dan 420 persen. Harganya sama mulai di Rp 450.000,"ujar Uni, pemilik toko emas Singgalang di basement tersebut. 

Untuk emas kadar muda ini, sambungnya, kalau dijual lagi hanya dipotong upah Rp 50 ribu per gram.

"Dengan catatan, barangnya tidak rusak. Disini juga bisa tukar tambah,"tuturnya yang mengaku pelanggan banyak dari luar daerah Palembang. 

 

Sumber: