Cuan, Koperasi Ini Bisa Ekspor Ratusan Kilogram Nanas Prabumulih

Cuan, Koperasi Ini Bisa Ekspor Ratusan Kilogram Nanas Prabumulih

Pihak Koperasi Produsen Miwa Pineapple Sudarusman saat berbicara terkait ekspor dan impor nanas prabumulih.-andi/radar palembang-

PRABUMULIH, RADARPALEMBANG.COMNanas PRABUMULIH yang terkenal manis, menjadi peluang cuan bagi yang bisa memanfaatkannya.

Contoh saja Koperasi Produsen Miwa Pineapple Kota PRABUMULIH.

Selama tahun 2022,  Koperasi Produsen Miwa Pineapple Kota PRABUMULIH mampu menjual serat Nanas halus sebanyak 300 kilogram ke luar negari.

Tidak hanya itu, mereka juga mengirim 200 kilogram Nanas PRABUMULIH ke pasar domestik

BACA JUGA:Bengkel Mobil Prima Jaya Prabumulih Utamakan Kejujuran .

Bendahara Koperasi Produsen Miwa Pineapple Kota Prabumulih, Sudarusman menyebut, keberhasilan pihaknya menjual 500 kilogram nanas prabumulih, berkat kemampuan menangkap peluang yang ada.

 “Kami tidak menerima langsung dari para petani, melainkan dari usaha binaan yang ada. Petani nanas yang jual kebinaan dengan harga yang sudah ditentukan,” ujar Sudarusman, Kamis, 5 Januari 2023.

Koperasi Produsen Miwa Pineapple Kota Prabumulih beradai di Jl Belitung RW 4 RT 3 Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur.

Sudarusman menyebut, untuk memajukan usaha serat nanas prabumulih ini, pihaknya memiliki dua tempat  pembinaan untuk budidaya nanas, yakni di Kelurahan Sungai Medang dan Kayu Ara, daerah Ogan Komering Ilir.

BACA JUGA:Ini Cara Walikota Pagaralam Pancing Investor Bangun Hotel Bintang

Dalam penjualan  serat nanas halus, biasanya diterima dengan harga per kilogramnya sebesar Rp 150.000, dan  untuk lokal dan Rp 180.000 untuk ekspor keluar negeri.

Ia menambahkan dari hasil usaha bisnis jual beli serat nanas ini, cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup karyawan koperasi.

“Ke depannya kami berharap, agar para petani nanas bisa memproduksi nanas sesuai yang diminta pasaran, baik dari dalam negeri (lokal)  maupun di luar negeri,” asanya.

Karena itu, pihaknya menyebut, ini peran Pemerintah Kota Prabumulih sangat dibutuhkan untuk kemajuan taraf hidup petani, khususnya instansi terkait yakni Dinas Pertanian.

BACA JUGA:Kepala Dishub Prabumulih Tolak Truk ODOL Uji Kir

“Pemerintah harus ikut mendukung penuh, supaya petani nanas dan koperasi kehidupannya makmur,” pungkasnya. (*)

Sumber: