Cek SPBU, Harga BBM Nonsubsidi Turun Siang Ini

Cek SPBU, Harga BBM Nonsubsidi Turun Siang Ini

Dipastikan harga BBM turun pada hari ini Puku; 14.00 WIB di semua SPBU di Indonesia--disway.id

JAKARTA, RADAR PALEMBANG - Seiring dengan turunnya harga minyak dunia Menteri BUMN Erick Thohir memastikan harga bahan bakar minyak (Harga BBM) nonsubsidi jenis Pertamax turun menjadi Rp 12.800 per liter.

Perubahan harga BBM nonsubsidi tersebuit akan dilakukan pada hari ini Selaa, 3 Januari 2023 Puku; 14.00 WIB disemua SPBU di Indonesia.

Turunnya harga BBM sonsubsidi di indonesia ini dipengaruhi oleh turunnya harga minyak dunia.

"Salah satunya, Pertamax, yang banyak dipakai dulu aja, itu maka diputuskan kemarin, Bu Nicke bisa tambahkan, ya yang hari ini (turun dari) Rp 13.900 (per liter) itu menjadi Rp 12.800 (per liter) ya," Ujar Erik Tohir seperti dilansir dari liputan6.com.

BACA JUGA:Pertamina: Konsumsi BBM Naik 7 Persen Saat Nataru 2023

Lebih jauh dikatakan Erik Tohir penurunan harga BBM nonsubsidi ini tak hanya berlaku untuk jenis pertamax saja melainkan juga seluruh BBM nonsubsidi lainnya seperti, Dex, Dexlite, hingga Pertamax Turbo.

Soal penurunan harga yang tidak segera dilakukan sesaat setelah harga minyak dunia turun,  Erick Thohir menyebut penurunan harga ini memang tidak secepat SPBU Swasta.

Erick beralasan Pertamina memiliki ekosistem pengolahan bahan bakar yang lebih besar, ditambah banyaknya SPBU yang tersebar diseluruh Indonesia.

"Nah kenapa? Kita harus sinkronisasi. Karena kalau ada perubahan harga di Pertamina, yang merupakan market-nya paling besar itu turunannya tidak seperti yang mengelola cuma 5 pom bensin, karena ini turunannya banyak.

BACA JUGA:Sudah Lama Langkah Kini BBM Jenis Premium Resmi Dihapus Per Januari 2023

Ada kilangnya, ada pom bensinnya, ada macam-macamnya. Bahasanya prosesnya perlu waktu. Tapi kemarin pun kita sudah percepat," ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Nicke Widyawati selaku Direktur Utama Pertamina menyampaikan untuk perubahan harga BBM non subsidi tersebut akan diberlakukan pada Siang ini pukul 14.00 WIB.

"Bahwa nanti mulai jam 2 siang hari ini, harga pertamax akan turun dari Rp 13.900 ke Rp 12.800 (per liter)," ujar Nicke.

Senada dengan Erick Tohir, Nicke juga mengungkapkan penurunan harga MBBM Nonsubsidi jenis Pertamax ini juga berlaku untuk BBM nonsubsidi jenis lainnya seperti Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. 

Sumber: liputan6.com