Ramai Diperdebatkan Gol Kedua Jepang ke Gawang Spanyol Sah Menurut VAR, Ini Penjelasannya

Ramai Diperdebatkan Gol Kedua Jepang ke Gawang Spanyol Sah Menurut VAR, Ini Penjelasannya

Jadi Perdebatan Gol Jepang ke Spanyol Menurut VAR--

BACA JUGA:Jepang Masuk 16 Besar Pila Dunia 2022 Usai Kalahkan Spanyol 2-1

Posisi bola mungkin telah terletak di tanah di luar garis sentuh, tapi garis singgung dari bola masih berada di dalam batas yang diizinkan atau sebagian bola sejajar dengan garis sentuh.

Untuk diketahui bahwap Pertandingan Piala Dunia FIFA sendiri telah mempunyai teknologi offside semi assist untuk dapat menilai keputusan seperti hal ini.

Meskipun wasit pertandingan bersikeras telah mengambil keputusan yang tepat, tentu tak akan diragukan lagi bahwa peristiwa ini ialah salah satu insiden Piala Dunia yang pasti akan terus menjadi perdebatan dalam jangka waktu yang lama. 

Sehingga keputusan wasit dalam mengesahkan gol tersebut mengakibatkan kemenangan bagi Jepang atas raksasa Spanyol dan behasil memimpin klasemen akhir dari Grup E.

Jepang menjadi pemuncak klasemen akhir Grup E dengan perolehan enam poin.

Namun bagi Spanyol, walaupun menderita kekalahan maka akan tetap lolos.

Mengoleksi poin yang sama dengan 4 Jerman, tetapi dengan Jerman yang juga mendapatkan kemenangan menjadi gagal untuk lolos ke babak 16 besar karena kalah dalam selisih produktifitas gol dengan Spanyol, sehingga Jerman harus puas di peringkat 3 di grup E tersebut.

Seandainya saja gol kedua Jepang itu di anulir wasit, maka Jepang akan mengoleksi empat poin di akhir.

Dengan kondisi ini, Jerman yang akan lolos berdasarkan lebih banyak gol berhasil yang dikumpulkan, setelah mendapatkan kemenangan 4-2 atas Kosta Rika.

Kemenangan tersebut berhasil membuat Jepang menjadi juara grup dan E lolos ke fase 16 besar bersama dengan di posisi runner up Spanyol yang unggul dalam produktifitas gol dari Jerman.

Kemudian di fase 16 besar tersebur Jepang bakal bertemu Kroasia yang merupakan runner up dari Grup F, sementara Spanyol bertemu Maroko yang keluar sebagai pemimpin puncak grup F.

 

 

 

Sumber: msn.com