Bawaslu Palembang Himbau Panwascam Diminta Jaga Netralitas

Bawaslu Palembang Himbau Panwascam Diminta Jaga Netralitas

Bawaslu Kota Palembang melakukan tes wawancara kepada 107 panwascam--

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota PALEMBANG melakukan tes wawancara kepada 107 peserta badan ad hoc panitia pengawas Pemilu tingkat kecamatan (Panwascam) yang berlangsung di Sekolah Tinggi Ilmu Sumpah Pemuda (Stihpada) PALEMBANG.

Ketua Pokja seleksi Panwascam Bawaslu kota Palembang Dadang Apriyanto mengatakan tes wawancara sesuai jadwal bagi peserta panwaslu tingkat kecamatan dilakukan sejak 19 sampai 23 Oktober 2022.

"Yang mengikuti tes wawancara secara keseluruhan ada 108 orang, karena setiap kecamatan yang mengikuti tes wawancara sebanyak enam orang.

Tapi ada satu peserta yang tidak bisa mengikutinya karena lagi dinas luar, "kata Ketua Bawaslu Palembang M Taufik didampingi Pokja Dadang Apriyanto dan Komisioner lainnya Eko.

BACA JUGA:Bawaslu Sumsel Usulkan Dana Pengawasan Pilkada 2024 Rp400 Miliar

Diterangkan Dadang, satu peserta itu minta diundur jadwal tesnya. Namun sesuai aturan tidak bisa, sehingga otomatis gugur.
"Yang bersangkutan minta mundur hari Minggu harusnya Jumat, karena dak bisa diganti waktunya artinya tidak lolos, " tegasnya.

Ia mengaku, dari 18 kecamatan di Palembang, dimana setiap harinya ada 22 peserta (4 Kecamatan) yang mengikuti tes kecuali hari Jumat hanya 20 peserta. Pada hari terakhir 23 Oktober merupakan hari terakhir.

"Tes wawancaranya dari pagi hingga malam, dengan setiap peserta durasinya 30 sampai 60 menit, sehingga kita maksimalkan, dengan yang melakukan wawancara lima komisioner Bawaslu Palembang,"papar Dadang.

Ia menerangkan, mereka yang melaksanakan tes wawancara ini sebelumnya telah menjalani tes tertulis dengan sistem computer assisted test (CAT). Dari tes tertulis menghasilkan 108 orang dengan rincian enam orang setiap kecamatan.

BACA JUGA:Nasdem Fokus Pileg 2024

Kemudian, untuk di fase tes wawancara akan menghasilkan tiga orang setiap kecamatan yang akan dilantik sebagai Panwascam pada 27-29 Oktober mendatang.

"Setelah tes wawancara sesuai pedoman tanggal 24 hingga 25 Oktober, akan dilakukan pleno dan diumumkan siapa tiga orang yang dinyatakan lulus setiap kecamatan,"ujar Dadang.

Ia menerangkan dalam tes wawancara, Bawaslu Palembang melakukan pendalaman di antaranya soal motivasi masuk menjadi panwaslu tingkat kecamatan, integritas, pemahaman pemilu baik penyelenggara maupun penyelenggaraan terutama terkait pengawasannya.

"Format peniliaan ada empat, yaitu pendalaman visi misi, pendalaman terkait kepemiluan, kearifan lokal, dan kepemimpinan.

Sumber: